Mengenal Tipe dan Jenis Gangguan Kecemasan

Mengenal Tipe dan Jenis Gangguan Kecemasan

Naviri Magazine - Orang bisa cemas karena berbagai hal, terkait hal yang masuk akal maupun tak masuk akal. Dalam tataran normal, kecemasan adalah sesuatu yang wajar dan manusiawi. Namun, ada kalanya kecemasan mulai menjadi gangguan, dan perlu penanganan serius oleh ahli berkompeten.

Barbara Streisand, penyanyi sekaligus aktris Hollywood, adalah salah satu dari sederetan orang terkenal yang menderita gangguan kecemasan. Jauh sebelum ia berada di puncak karier—memenangkan dua Academy Award dan delapan Grammy—Streisand berjuang melawan gangguan kecemasan sosial selama 27 tahun. 

Dia hanya berani bernyanyi di bilik rekaman, dan terus menghindar menyanyi di depan umum sebisanya. Gangguan kecemasan Streisand ada pemicunya, yakni konser di New York pada 1967. 

Saat itu, dia melupakan lirik lagu yang dinyanyikannya. Setelah kejadian itu, Streisand memiliki ketakutan hal yang sama akan terulang. Ia berhasil mengatasi gangguan kecemasan sosialnya saat tur 1994.

Selain Streisand, deretan nama seperti Johny Depp, Adele, Laurie, Blue Adkins, dan Emma Stone, juga tercatat pernah menderita gangguan kecemasan. 

Gangguan kecemasan memiliki beberapa tipe, di antaranya tipe gangguan kecemasan sosial seperti yang dirasakan Barbara Streisand. Selain itu, ada juga tipe gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder). Ia adalah gangguan kejiwaan yang ditandai rasa khawatir dan takut berlebihan, dan mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Ada juga tipe panic attacks, ini biasanya berlangsung kurang dari 15 menit. Panic attacks adalah episode ketakutan yang intens, sering disertai gejala fisik yang serius, dan perasaan ketakutan tak terkendali. 

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) juga merupakan salah satu tipe gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan jenis ini terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa yang sangat mengganggu dan membuat trauma. PTSD juga bisa disebabkan oleh percobaan pembunuhan, atau kecelakaan hebat. 

Ketakutan pada objek tertentu karena alasan yang tidak rasional, atau yang disebut phobia, juga merupakan salah satu tipe gangguan kecemasan. Orang-orang dengan phobia tidak bisa menjalani hidup dengan normal ketika dihadapkan dengan benda atau hal yang ditakutinya. 

Phobia tak melulu tentang hal-hal menakutkan seperti ketinggian, gelap, atau ruang sempit. Beberapa orang phobia pada pisang atau bahkan sisir. 

Gangguan kecemasan bisa diatasi. Jika seseorang memiliki beberapa ciri-ciri atau gejala gangguan kecemasan seperti kesulitan tidur, sakit kepala, mulut kering, tidak rasional, panik tanpa alasan yang jelas, sulit berkonsentrasi, takut, gelisah, cemas, sakit perut, gampang gemetaran, sulit untuk tenang, hingga mudah berkeringat di bagian tangan, segeralah cari psikolog atau psikiater. 

Hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk meredam gangguan kecemasan adalah yoga dan meditasi. Yang paling penting adalah jangan abai pada gejala-gejala yang Anda rasakan.

Related

Psychology 872926112919825222

Recent

item