6 Website untuk Mengetahui Ranking Popularitas Situs-situs di Internet

6 Website untuk Mengetahui Ranking Popularitas Situs-situs di Internet

Bagi kamu yang ingin terus memantau seberapa populer situs web kamu di kalangan orang-orang, ada beberapa situs yang bisa menjadi alternatif cek peringkat website paling populer. Berikut daftarnya.

SimilarWeb

Pada dasarnya, SimiliarWeb adalah platform penyedia layanan web analytics. Namun, mereka juga menyediakan fitur traffic estimator situs web yang bisa kamu akses di halaman utama secara gratis.

Bukan hanya melihat estimasi jumlah trafik website secara real time, SimiliarWeb juga menyediakan informasi grafik fluktuatif pertumbuhan lalu lintas web dalam jangka waktu lima bulan. Ini artinya, kamu bisa memantau pertumbuhan trafik website yang kamu miliki, apakah naik atau turun.

SimiliarWeb juga menyediakan metrik lain, di antaranya rata-rata durasi kunjungan situs web (average visit duration), halaman mana yang dibuka oleh pengunjung (pages per visit), serta persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah hanya membuka satu atau lebih halaman (bounce rate).

Comscore

Comscore adalah perusahaan pengukuran situs web atau platform asal Amerika Serikat yang beroperasi di 75 negara dan terdaftar di bursa saham NASDAQ. ComScore menyediakan solusi pengukuran untuk audiens yang mengakses situs melalui komputer, tablet, dan smartphone.

Metode yang digunakan adalah Unified Digital Measurement (UDM), yakni dengan penghitungan kunjungan situs untuk membantu bisnis memahami dan mengukur kualitas audiens. Dengan metode ini, pengiklan dan agensi dapat mengidentifikasi konten digital terbaik untuk meraih target audiens.

Sementara perusahaan internet, agensi, hingga media bisa memahami persaingan dan membuktikan aset digital yang dimilikinya mampu meraih target audiens secara efektif.

Ahrefs

Berikutnya adalah Ahrefs. Ahrefs memungkinkan kamu untuk mengecek ranking website di 170 negara. Situs web ini juga dilengkapi dengan tools SEO yang fiturnya diklaim paling lengkap. 

Ahrefs memberikan informasi penting, seperti IP, top pages, serta tautan web eksternal dari kompetitor. Sayangnya, jika kamu ingin mengakses semua fitur di Ahrefs, kamu mesti berlangganan terlebih dahulu.

Di Ahrefs, kamu bisa mencari IP address dan link website yang ingin kamu cek traffic-nya. Ahrefs juga menyediakan fitur untuk melihat trafik situs web dari suatu negara, termasuk Indonesia. Sama seperti Alexa, Ahrefs juga menyediakan extension browser Ahrefs SEO Toolbar.

SE Ranking

SE Ranking adalah tools melihat estimasi traffic website gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Sama seperti layanan analisis lalu lintas situs web pada umumnya, SE Ranking bisa digunakan untuk melakukan analisis berdasarkan negara. SE Ranking juga dapat mengawasi perubahan halaman hingga memberi rekomendasi keyword di website-mu.

SE Ranking bisa memberimu informasi seputar organic traffic dan paid traffic, serta informasi detail seperti keyword pada trafik masing-masing halaman website dan daftar kompetitor. 

Dengan begitu, SE Ranking tidak hanya membantu melakukan analisis lalu lintas web, tetapi juga membantu meriset keyword mana yang paling bagus. Ini berguna agar website kamu bisa menempati peringkat atas di mesin pencarian Google.

Siteprice

Sama seperti Alexa, Siteprice adalah tools untuk mendapatkan informasi trafik dan ranking dari website. Trafik pada suatu website yang dianalisis akan diukur menggunakan tiga matrik, yakni daily unique visitors, daily pageviews, average time on site.

Uniknya, kamu juga bisa menghitung harga dari suatu website, sehingga bisa membantu kamu mengetahui berapa value website yang kamu atau kompetitor miliki. Fitur unik ini bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis tanpa dipungut biaya.

SEMrush

SEMrush juga punya fitur yang tak kalah lengkap, di mana tools ini bisa digunakan untuk cek ranking website di Google dan Baidu. SEMrush juga memberikan strategi keyword yang digunakan oleh kompetitor, keyword searching, dan link building.

Selain itu, SEMrush bisa digunakan untuk optimasi SEO. Seperti menghitung pay-per-click (PPC), content marketing campaign, hingga analisis campaign media sosial. Sayangnya situs web ini berbayar.

Related

Internet 7381122509252898892

Recent

item