Beda Kondisi Mesin Kendaraan Saat Pakai BBM Pertalite atau Pertamax

Beda Kondisi Mesin Kendaraan Saat Pakai BBM Pertalite atau Pertamax

Menggunakan bahan bakar jenis Pertalite (RON 90) atau Pertamax (RON 92) akan mempengaruhi performa mesin kendaraan. Ini karena masing-masing memiliki spesifikasi berbeda, terutama dinilai dari Research Octane Number (RON) yang bila angkanya semakin tinggi berarti akan menghasilkan performa lebih baik.

RON atau sering dikenal dengan sebutan angka oktan adalah rating yang secara umum digunakan untuk menilai kualitas bahan bakar. RON ditentukan ketika diuji di mesin dengan berbagai tingkat rasio kompresi.

Pengujian pada berbagai tingkat rasio kompresi mesin itu tujuannya untuk menentukan level knocking, yaitu proses pembakaran yang tidak tepat waktu. Knocking sering juga dikenal dengan sebutan mesin ngelitik atau ketika bersuara tik berulang dan keras.

Pertalite dikategorikan RON 90, ini lebih cocok untuk mesin yang rasio kompresinya 9:1 hingga 10:1. Sedangkan Pertamax adalah RON 92 yang lebih pas untuk rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1.

Anda bisa mengetahui angka rasio kompresi mesin kendaraan di buku manual atau menanyakannya langsung ke dealer. Produsen juga biasanya memberi rekomendasi jenis bahan bakar berupa stiker pemberitahuan di area tutup tangki.

Bila rasio kompresi mesin kendaraan Anda 11:1 namun menggunakan Pertalite maka yang akan terjadi adalah proses pembakaran telat. Hal ini menyebabkan knocking yang biasanya ditandai gejala tenaga dan torsi berkurang dari biasanya.

Selain soal tenaga dan torsi, kandungan zat aditif pada bahan bakar RON tinggi biasanya lebih baik. Zat aditif itu ada yang fungsinya membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga lebih awet.

Kualitas Pertalite lebih rendah dari Pertamax sebab itu lebih besar kemungkinan mesin kotor, terutama di area injector, jika menggunakan Pertalite. Selain itu gambaran umumnya, Pertalite akan menghasilkan emisi lebih kotor ketimbang Pertamax.

Selain menghasilkan pembakaran yang sempurna, Pertamax juga memiliki kelebihan lainnya karena formula Pertatec. Formula zat aditif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet, menjaga mesin dari karat, serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, kata penjelasan Pertamina.

Zat aditif itu diklaim membersihkan endapan kotoran pada bagian mesin dengan lebih baik. Kemudian teknologi ini juga diklaim dapat membersihkan endapan kotoran pada bagian injector, mengoptimalkan pembakaran, dan konsumsi bahan bakar.

Persentase endapan yang berkurang berkat teknologi ini berkisar di angka 20 persen.

Related

Automotive 2091862106068047036

Ads

Topic

Recent

item