Penjelasan Ilmiah di Balik Ritual Pemanggilan Arwah

Penjelasan Ilmiah di Balik Ritual Pemanggilan Arwah

Naviri Magazine - Ada banyak film yang mengisahkan tentang pemanggilan arwah, yaitu mengundang seseorang yang telah meninggal dunia untuk muncul di antara orang-orang yang masih hidup. Dalam film, biasanya digambarkan ritual yang dijalankan, hingga arwah yang dipanggil akhirnya benar-benar datang. Bukan hanya datang, arwah orang yang telah meninggal itu bahkan bisa diajak berkomunikasi, meski terbatas.

Di dunia nyata, sebagian orang juga mengklaim dapat melakukan ritual pemanggilan arwah, sehingga siapa pun bisa menemui arwah orang yang telah meninggal.

Apakah ritual pemanggilan arwah memang benar-benar bisa dilakukan? Bagaimana sains menjelaskan hal itu secara ilmiah?

Dalam sains, ritual pemanggilan arwah disebut The Phillips Experiment.

Pada tahun 1972, sebuah tim yang beranggotakan para psikolog melakukan eksperimen dengan mengumpulkan delapan orang subjek, kemudian tim menceritakan sebuah kisah hidup seorang pria yang sudah meninggal, bernama "Philip Aylesford", kepada subjek.

Setelah itu, subjek melakukan pemanggilan arwah Philip bersama seorang cenayang yang disewa oleh tim eksperimen. Ritual pun dimulai. Setelah menyalakan lilin dan membaca mantra, hal ganjil terjadi. Meja tempat mereka melakukan ritual bergerak sendiri, bahkan sampai melayang di atas kaki mereka. Lampu terlihat berkedip, dan terdengar suara gaduh yang menandakan kehadiran Philip di situ. 

Berbagai pertanyaan pun dilontarkan kepada Philip dengan pilihan jawaban "ya" dan "tidak".

Setiap pertanyaan dijawab benar sesuai yang pernah diceritakan oleh tim eksperimen. Subjek pun yakin kalau mereka berhasil memanggil arwah Philip Aylesford. 

Tapi, setelah eksperimen berakhir, ternyata Philip Aylesford hanyalah tokoh fiksi yang ceritanya dikarang oleh tim eksperimen. Artinya, Philip sebenarnya tidak ada di dunia ini.

Hal-hal yang terjadi selama pemanggilan arwah hanyalah efek ideomotor dari para subjek. Alam bawah sadar subjeklah yang bekerja menghasilkan efek-efek seperti meja yang melayang, sampai timbulnya suara-suara aneh. Hasil eksperimen ini kemudian dipublikasikan dan disalin oleh beberapa negara untuk kepentingan ilmiah.

Related

Science 1541017091254472135

Recent

Hot in week

item