Film-film Dokumenter Menarik yang Perlu Ditonton (Bagian 2)

Film-film Dokumenter Menarik yang Perlu Ditonton

Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Film-film Dokumenter Menarik yang Perlu Ditonton - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

The Cove (2009)

Dibuat pada 2009 dan dirilis pada 2010, film ini memenangkan award untuk Best Documentary Feature. Menceritakan dan mengungkap fakta tentang pembantaian lumba-lumba di Jepang. Bisa dibilang, film ini sangat menggemparkan dunia, karena setelah bertahun-tahun lamanya, Jepang berhasil menutupi bisnis kotor mereka dan baru kali ini terungkap.

Pembantaian paus dan lumba-lumba dalam skala besar terjadi di Taiji. Sekitar 23.000 lumba-lumba dibunuh di Jepang tiap tahun. Dengan adanya film ini, akhirnya muncul gerakan-gerakan untuk menghentikan pembunuhan lumba-lumba dan paus oleh Jepang, hingga angka nol. 

Ric O’ Barry adalah aktivis dalam perlindungan lumba-lumba dan paus yang juga pencetus ide untuk mendokumentasikan dan menunjukkan pada dunia, mengenai apa yang dilakukan nelayan-nelayan Taiji dan pemerintah Jepang terhadap lumba-lumba dan paus selama ini. 

The Universe-How Big, How Far, How Fast (2012)

Jika kita berusaha membayangkan bagaimana alam semesta, jagat raya, luar angkasa, tentu pikiran dan nalar kita tidak akan sanggup untuk membayangkan atau mengukurnya. 

How Big, How Far, How fast, adalah salah satu episode dari Program The Universe yang menceritakan cara kita membayangkan, mengukur, menimbang dan memahami apa saja yang ada di luar angkasa dan jagat raya, dengan cara menurunkan skala yang begitu besar menjadi skala yang bisa dipahami oleh pikiran dan nalar kita.

Dengan analogi-analogi yang mudah dipahami dan akurat, film ini membantu kita dalam memahami universe. Mulai dari bintang yang terdekat dengan kita (matahari) sampai bintang yang terbesar yang kita ketahui saat ini, memahami dan memperkirakan jarak kita dengan bintang-bintang dan benda-benda langit lainnya, termasuk yang dibahas di film ini. 

Tales of The Gun (1998)

Tales of The Gun adalah dokumenter serial TV yang ditayangkan oleh History Channel pada tahun 1998. Pada film ini, kita akan diajak berjalan-jalan menelusuri timeline sejarah dari pertama kalinya senjata dibuat, digunakan, hingga siapa yang menggunakannya.

Tak hanya itu, cikal bakal peluru/amunisi pun tak luput dibahas di sini, sampai pada era senjata modern. Dilengkapi dengan kontributor beberapa sejarawan dan orang-orang yang terkait dengan senjata-senjata tersebut. Film ini total memiliki 40 Episode.

BBC Two – This World: No Sex Please We Are Japanese (2013)

Dalam kepanikan penduduk dunia mengenai meningkatnya populasi global, Jepang menghadapi masa depan yang cenderung berbeda dengan menyusutnya angka populasi di negara itu, sebanyak 3 kali hanya dalam kurun waktu 40 tahun. Alasan utama mengapa Jepang tidak memiliki banyak bayi/angka kelahiran, ditelusuri oleh film ini. 

Film ini juga menelusuri dunia Otaku, dimana mereka lebih terobsesi dengan komputer, game dan anime/manga, yang pada akhirnya menyebabkan meningkatnya pria-pria Jepang yang melakukan dating/kencan lewat game. Ini adalah film dokumenter yang mempelajari keanehan dan keunikan suatu kultur dan perkembangan masyarakat dalam suatu negara yang benar-benar menarik.

Related

Film 2059836770475951770

Recent

item