Punya Gaji Rp 5 Juta, Apakah Bisa Hidup Layak di Jakarta?

Punya Gaji Rp 5 Juta, Apakah Bisa Hidup Layak di Jakarta?

Biaya hidup di setiap kota memiliki standar masing-masing, termasuk di kota besar seperti Jakarta. Bagi pekerja, khususnya perantau, tentu berkeinginan untuk bisa hidup layak di Jakarta. Kalau punya gaji Rp 5 juta, apakah bisa hidup layak di Jakarta?

Pakar Perencana Keuangan, Andy Nugroho, mencoba menggambarkan arti hidup layak di Jakarta.

"Kita bicara hidup layak, hidup layak itu kan berarti punya tempat tinggal, bisa makan, bisa ke kantor, ke tempat kerja, ada uang transpornya, kemudian kita bisa berpakaian layak sesuai dengan pekerjaan kita. Itu yang namanya hidup layak menurut saya," kata Andy.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diasumsikan seorang pekerja atau gen z yang baru mulai bekerja. Artinya, mereka bisa dibilang anak kosan atau ngontrak dan belum menikah.

"Taruhlah untuk biaya kontraknya yang medium sekitar Rp 1,5 juta. Di bawah itu juga ada, lebih mahal dari itu? Ada banyak. Sekitar daerah Kuningan, Setiabudi, itu yang medium ya kurang lebih segitu. Biaya kos untuk tinggal Rp 1,5 juta," jelasnya.

"Kemudian makan untuk bisa hidup, paling tidak 4 sehat 5 sempurna masih tercukupi. Harga makan sekitar Rp 20 ribu, ini makannya bukan di restoran yang mewah, ya. Sehari berarti Rp 60 ribu, anggaplah sebulan kalau konsisten kita butuh budget Rp 1,8 juta," sambung Andy.

Andy juga mengatakan, kisaran untuk biaya transpor pergi dan pulang kantor, menggunakan kendaraan umum di Jakarta.

"Ongkos transpor, misal kita naik TransJakarta atau mungkin disambung-sambung naik angkot, atau KRL. Ini kendaraan umum non-taxi online atau ojek online. Paling di kisaran Rp 20 ribu per hari. Anggaplah 1 bulan kita butuh Rp 600 ribu," jelasnya.

Selain beberapa hal tersebut, sejatinya untuk kita juga membutuhkan biaya untuk kuota internet hingga uang yang disisihkan untuk menabung,

"Kebutuhan kuota untuk internet, kan mayoritas pakai WhatsApp dibandingkan telepon. Ada kuota yang murah meriah. Setahu saya Rp 100 ribu aja sudah bisa untuk sebulan. Ini bisa dijadikan alternatif. Kemudian untuk kebutuhan pakaian, ya anggaplah kita tiap bulan beli baju baru baik untuk bekerja atau keseharian. Ya dianggarkan Rp 500 ribu mungkin. Silakan," ujar Andy.

"Nah, itu semua untuk kos, makan, kuota, transpor, pakaian, itu kalau ditotal ya sekitar sudah Rp 4,5 juta. Oke kita genapin dengan menabung Rp 500 ribu. Jadi, kan Rp 5 juta," tambah Andy.

Andy mengatakan bahwa orang yang mempunyai pendapatan sekitar Rp 5 juta masih bisa hidup layak di Jakarta. Menurutnya, jumlah itu sudah cukup, tapi bukan untuk hidup bergaya.

"Menurut saya, dengan perhitungan tadi, itu sudah cukup untuk bisa hidup layak di Jakarta. Kalau memang tujuanya untuk hidup layak, bukan untuk bergaya," tegasnya.

Namun, jika dibandingkan orang yang sudah menikah atau berumah tangga, tentu harus ada penambahan dana. Karena, kebutuhan akan lebih banyak.

"Kalau dibandingkan dengan yang sudah berumah tangga, pastinya kebutuhannya lebih banyak, ya. Karena kan, minimal harus menghidupi 2 orang. Biasanya ada tambahan untuk makan, transpor kalau pasangannya bekerja, kuota internet, pakaian dan juga tempat tinggal, dan lain-lain," tutup Andy.

Related

Money 194576986131070638

Recent

item