Mengenal Efek Domino (Domino Effect) dan Contoh-contohnya

Mengenal Efek Domino (Domino Effect) dan Contoh-contohnya

Efek Domino adalah rangkaian kejadian dimana satu hal menyebabkan terjadinya kejadian-kejadian lain, yang menyebabkan kejadian-kejadian lainnya saling berhubungan.

Contoh: Dibunuhnya Julius Caesar menyebabkan terjadinya berbagai perang saudara di Republik Romawi, dan dibentuknya Second Triumvirate yang menyebabkan persaingan antara Marc Anthony dengan Lepidus dengan Octavian, yang menyebabkan kalahnya Lepidus dan Marc Anthony dengan Octavian, yang menyebabkan runtuhnya Republik Romawi, yang menyebabkan didirikannya Kekaisaran Romawi.

Contoh lainnya: Pemerintah Prancis membantu Revolusi Amerika, dan terjadinya krisis pertanian menyebabkan krisis moneter yang—bersama dengan kesenjangan sosial dan kekuasaan absolut raja—menyebabkan terjadinya Revolusi Prancis yang menyebabkan runtuhnya Kerajaan Prancis, yang menyebabkan didirikannya Republik Prancis Pertama.

Contoh lainnya lagi: Sebuah neutron yang bertumbuk dengan Uranium-235 akan menyebabkan lepasnya 3 buah neutron yang masing-masing akan bertumbuk dengan atom isotop Uranium-235 lainnya, yang menyebabkan lepasnya 3 buah neutron yang masing-masingnya akan bertumbuk dengan atom isotop Uranium-235 lainnya, dan seterusnya hingga chain reaction tersebut menghasilkan banyak energi dan... duarrr!

Related

Science 7251372323523638860

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item