Mengenang Kembali Hal-hal Viral di Internet dari Masa ke Masa (Bagian 1)


Tak dapat disangkal bahwa kemunculan internet telah membuat revolusi baru dalam kehidupan. Arus informasi kini lebih cepat dan lebih mudah, dunia maya menjadi dunia baru bagi sebagian orang, dan tak jarang kejadian di kehidupan nyata jadi perbincangan para netizen bahkan viral di internet. 

Di internet, sebagaimana di dunia maya, ada topik-topik perbincangan yang pernah hangat atau tren di zamannya. Topik-topik perbincangan itu biasanya sering digunakan untuk melucu, hingga sampai dibuat meme yang lalu berteberan di media sosial. Berikut ini adalah hal-hal yang pernah viral di dunia maya, dari masa ke masa.

1.  Alay (2010)

Alay merupakan kependekan "anak layangan", yang berarti merupakan sindiran kepada orang-orang yang berperilaku norak dan kampungan. Entah dimulai sejak kapan, istilah alay mulai booming di tahun 2010. 

Fenomena sebagian anak muda atau orang dewasa yang berperilaku aneh-aneh inilah yang membuat kata alay sering disematkan dalam keseharian di internet, entah di media sosial, forum, dan bahasan di dunia nyata. Sampai saat ini, kata alay masih digunakan oleh para netizen di internet.

2. Greget (2012)

Apa yang terlintas dalam pikiran saat mendengar kata greget? Bagi sebagian warganet pasti akan mengingatkan pada sosok di film The Raid, Yayan Ruhiyan. Bukan hanya filmya yang menyedot banyak penonton, tapi juga adegan bertarung Mad Dog dan Sersan Jaka di film The Raid menarik perhatian sebagian orang, karena dialog yang dilontarkan Mad Dog tentang hal-hal yang "greget". 

Hingga sebagian orang membuat meme di internet tentang Mad Dog dan kegregetannya. Tokoh Mad Dog sangat terkenal di dunia meme, dan menjadi saingannya Chuck Norris. 

3. Klinik Tong Fang (2012)

Iklan ini wara-wiri muncul di televisi pada tahun 2012. Penyebaran iklan dilakukan secara massif setiap hari, dengan menampilkan testimoni-testimoni pasien yang sembuh setelah datang ke klinik tersebut. 

Alhasil, iklan pengobatan tersebut heboh dan menjadi perbincangan di internet. Berbagai respons masyarakat dalam menanggapinya, mulai ada yang tidak nyaman dengan iklan tersebut, dan ada yang membuat lelucon-lelucon tentang iklan tersebut lewat tulisan ataupun meme.

4. Sakitnya tuh disini (2014)

Entah bagaimana awalnya meme dan kata-kata "sakitnya tuh disini" viral di internet, namun setelah Cita Citata mempolerkannya lewat lagu, kata "sakitnya tuh di sini” semakin viral di internet, dan menjadi bahan lelucon atau bercandaan bagi mereka yang patah hati. 

5. Cabe-cabean (2014)

Istilah cabe-cabean sempat populer dan jadi perbincangan di dunia maya. Istilah cabe-cabean merujuk pada gadis di bawah umur yang merintis bisnis prostitusi. Namun istilah cabe cabean juga merupakan kependekan dari "cakep tapi bego". Kepopuleran cabe-cabean sampai jadi sebuah lagu pada masanya. 

6. Kulit manggis (2014)

Kulit manggis populer di kalangan netizen, setelah ada iklan produk kecantikan yang memakai ekstrak kulit manggis. Iklan ini menarik banyak netizen untuk berkomentar bahkan sampai dibuat meme juga. 

"Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya..." begitulah sebagian isi iklannya yang penuh dengan nyanyian.

7. Batu akik (2014-2015)

Semua orang pasti mengetahui batu akik beberapa tahun yang lalu. Batu akik sangat populer dan terjual mahal, dari puluhan ribu hingga milyaran rupiah. Saat masa jayanya, batu akik bukan hanya jadi pembicaraan di dunia nyata, namun juga di dunia maya, bahkan jadi bisnis musiman yang menjanjikan bagi sebagian orang. 

Kini seiring jenuhnya masyarakat dengan batu akik, hampir tak ada kabar yang signifikan terkait bisnis batu ini.

Baca lanjutannya: Mengenang Kembali Hal-hal Viral di Internet dari Masa ke Masa (Bagian 2)

Related

Internet 4709673971888573939

Ads

Topic

Recent

item