Asal Usul Banyak Orang Jawa yang Menjadi Warga Malaysia


Naviri Magazine - Ada banyak orang Indonesia—khususnya dari Jawa—yang telah menjadi warga negara Malaysia, dan berketurunan di sana. Yang masih hidup saat ini umumnya generasi ketiga atau keempat. 

Umumnya, leluhur mereka datang ke Malaysia sekitar tahun 1900 karena tekanan ekonomi. Anak-anak keturunan mereka sekarang telah dianggap Melayu pribumi yang sah sesuai Undang-undang Malaysia, meski di antara mereka masih ada yang tetap membawa kebudayaan Jawa dalam kehidupannya.

Orang Indonesia yang menjadi warga Malaysia terbanyak tinggal di Negeri Selangor, terutama di kawasan Tanjung Karang, Sabak Bernam, Kuala Selangor, Kelang, Banting, dan Sepang. 

Mereka masih membudayakan warisan leluhur mereka yang orang Jawa, meski tidak total, selain ada pula yang sudah tidak bisa berbahasa Jawa. Beberapa dari mereka bahkan ada yang membuat organisasi untuk keturunan orang Jawa, dan berkegiatan kesenian khas orang Jawa.

Related

International 121882509301367300

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item