Begini Cara Cek TV Sudah Digital atau Masih Analog


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan migrasi TV analog ke TV digital akan terus berjalan. Jadi, sebaiknya kita mengecek apakah TV kita hanya mendukung siaran analog atau bisa dipakai untuk menonton siaran TV digital.

Jika TV sudah mendukung siaran TV digital, tak perlu menambahkan perangkat lagi untuk bisa menonton siaran. Namun jika belum mendukung, perlu menambahkan alat set top box (STB) DVB-T2 untuk bisa menonton siaran TV digital.

Untuk mengecek apakah TV sudah mendukung siaran TV Digital, bisa cek cara berikut ini.

1. Cek stiker di belakang TV

Posisinya mungkin akan berbeda-beda setiap merek, namun biasanya untuk TV yang mendukung siaran TV digital akan ada stiker bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner built-in, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver. Kalau ada tulisan tersebut, artinya TV sudah mendukung siaran digital.

2. Cek spesifikasi TV

Jika tak berhasil menemukan stiker, bisa mencari keterangan spesifikasi TV, baik secara online atau dari buku manualnya. Untuk TV yang mendukung siaran TV digital biasanya ada tulisan DVB-T2 di dalam spesifikasinya.

3. Mencoba membuka siaran TV Digital

Siaran digital biasanya punya sub-channel, seperti channel A-1, dan channel A-2. Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD. Kalau menemukan sub-channel seperti itu, artinya TV sudah mendukung siaran digital.

4. Cek situs Kominfo

Masuk ke halaman sertifikasi perangkat di situs Kominfo. Kemudian pada kolom kategori, pilih opsi "Televisi". Setelah itu, isi merek dan model yang sesuai dengan TV kalian. 

Kominfo sejauh ini menyatakan kalau pada 2 November 2022, siaran TV akan sepenuhnya beralih ke TV digital.

Related

Technology 533140851578282187

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item