Dari Mana Asal Usul Nama Dinosaurus? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Dinosaurus hidup jutaan tahun lalu. Diperkirakan, dinosaurus pertama hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu, sedangkan dinosaurus yang terakhir mati sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Ukuran tubuh dinosaurus bermacam-macam, yang terkecil ukurannya sama dengan ayam, sementara yang terbesar, misalnya Brachiosaurus, memiliki panjang hingga 50 meter dengan berat yang setara dengan sepuluh gajah.

Istilah “Dinosaurus” pertama kali ditemukan oleh Sir Richard Owen, seorang anatomis dan paleontologis Inggris, pada tahun 1841.

Secara teknis, dinosaurus menunjuk pada makhluk raksasa yang menyerupai reptil, yang hidup di darat—bukan di air. Nama dinosaurus, semisal Tyranosaurus yang kita gunakan sekarang ini, diberikan para ilmuwan yang pertama kali mempelajari sisa peninggalan makhluk tersebut. 

Biasanya, nama yang diberikan itu memberitahu tentang hewan yang dimaksud, atau dari mana hewan itu berasal.

Tyranosaurus, misalnya, memiliki arti “kadal yang mengerikan”, karena hewan itu memiliki tampilan semacam itu. Tulang rahang Tyranosaurus rex memiliki panjang 6 kaki (18 meter) dengan gigi 6 inci panjangnya, tentunya cocok dengan sebutan “kadal yang mengerikan”.

Related

Animals 7449542340889564077

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item