Ini 5 Makanan yang Bisa Memberi Rasa Kenyang Lebih Lama


Naviri Magazine - Upaya mengurangi kegemukan atau menurunkan berat badan demi mendapat berat badan ideal, menjadikan banyak orang mati-matian berdiet. Mereka yang sangat keras dalam berdiet bahkan sampai mengurangi porsi makan, menjauhi camilan, dan hanya mengonsumsi sayur serta sedikit nasi.

Sebenarnya, inti diet adalah menjaga pola makan, agar tidak kelebihan atau kekurangan nutrisi—bukan mati-matian mengurangi porsi makan. Dengan kata lain, kita bisa menjalani diet tanpa harus ekstrim, seperti sampai menahan lapar demi tidak banyak makan. 

Sedangkan untuk menekan hasrat lapar yang berlebihan, kita bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa mengenyangkan perut kita hingga lama, agar kita tidak perlu mati-matian menahan lapar. 

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam mungkin dianggap sebagai makanan yang dapat menggemukkan badan. Tetapi, sebenarnya, dalam 100 gram dark chocolate hanya terdapat 170 kalori.

Penelitian yang dilakukan tim dari University of Copenhagen menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate sebelum makan bisa membuat kita menyantap porsi makanan lebih sedikit. 

Hal itu dimungkinkan, karena senyawa dalam dark chocolate memperlambat proses pencernaan, dan membuat kita kenyang lebih lama. Sepotong kecil dark chocolate (seukuran kartu nama) juga bisa menahan hasrat untuk memakan makanan asin, manis, dan berlemak.

Kacang pinus

Kacang pinus tidak hanya baik untuk diet, namun juga membuat Anda cepat kenyang. Kacang pinus mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung, juga dapat meningkatkan hormon yang membuat Anda merasa sangat kenyang. 

Jika keinginan ngemil timbul, segera konsumsi kacang ini. Dalam setengah ons kacang pinus hanya terdapat 95 kalori. Setengah ons kacang pinus kira-kira sebanyak 84 butir.

Keju

Keju yang memberikan kenyang lebih lama, serta menyehatkan, adalah keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput. Keju dari susu ternak berpakan rumput memiliki kandungan conjugated linolenic acid (CLA), yaitu sejenis asam lemak yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan osteoporosis. 

Untuk menemukan keju yang dihasilkan dari ternak berpakan rumput, periksa label pada produknya. Biasanya, produk semacam itu dilabeli “grass-fed” atau semacamnya.

Susu skim

Sebagaimana keju, susu skim juga mengandung conjugated linolenic acid (CLA) yang membantu melawan kegemukan. Dalam satu cangkir susu skim hanya terdapat 86 kalori. Selain itu, protein pada susu bisa mengenyangkan perut lebih lama, dibandingkan minuman yang mengandung gula. 

Jeruk

Selain apel, jeruk termasuk buah yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama, karena mengandung serat yang tinggi. Serat juga bermanfaat untuk melawan kegemukan dan menghasilkan perut yang rata.

Related

Health 2013682569299268298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item