Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Membakar Lemak di Tubuh


Naviri Magazine - Lemak yang menumpuk di tubuh menjadikan badan belar dan bobot bertambah. Dalam upaya menurunkan berat badan, serta membentuk tubuh yang ideal, orang pun banyak melakukan diet, rutin berolahraga, dan kadang sampai melakukan pantangan terhadap beberapa jenis makanan tertentu. 

Yang mungkin masih jarang diketahui orang, ternyata ada makanan-makanan yang dapat membantu membakar lemak tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menstabilkan gula darah, mencegah keinginan makan gula, dan menjaga tubuh kenyang lebih lama, bahkan membantu pembakaran lemak. Dengan kata lain, mengonsumsi makanan-makanan tersebut akan membantu melancarkan upaya kita dalam menurunkan berat badan dan membakar lemak.

Jacqueline Silvestri Banks, konselor kesehatan holistik tersertifikasi asal Amerika Serikat, menyatakan, “Menyantap makanan-makanan ini sama pentingnya dengan mengurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan.” Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu membakar lemak.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dibentuk oleh asam lemak rantai sedang yang dimetabolisme secara berbeda dengan asam lemak rantai panjang yang terdapat di kebanyakan lemak. Asam lemak rantai sedang paling utama digunakan sebagai sumber energi tubuh daripada disimpan dalam bentuk lemak. 

Artinya, mengonsumsi minyak kelapa tidak akan menciptakan timbunan lemak baru dalam tubuh, sebagaimana jika mengonsumsi jenis minyak lain.

Cuka apel

Cuka apel dibuat dari fermentasi sari apel, dan merupakan sumber mineral, enzim, vitamin, dan asam amino yang baik. Studi yang dilakukan oleh American Diabetes Foundation menemukan, bahwa mengonsumsi cuka apel sebelum makan makanan berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Lemon

Hasil studi yang dimuat dalam Journal of the American College of Nutrition menyatakan, kadar vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Orang dengan kadar vitamin C yang cukup, mengoksidasi 30 persen lemak selama berolahraga daripada orang dengan kadar vitamin C yang rendah. 

Artinya, mengonsumsi lemon yang memiliki vitamin C tinggi akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmon atau sarden, mengandung protein tinggi dan asam lemak omega-3, yang mendukung upaya penurunan berat badan. Beberapa bukti mengindikasikan bahwa omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Grapefruit

Grapefruit atau jeruk keprok adalah buah yang rendah kalori, mengandung enzim berkadar tinggi, yang menjaga rasa kenyang. 

Dalam studi yang dipublikasikan Journal of Medicinal Food, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi setengah grapefruit segar sebelum makan berkaitan dengan pengurangan berat badan signifikan pada orang yang mengalami obesitas. Mengonsumsi grapefruit sebelum makan juga signifikan mengurangi kadar glukosa dua jam setelah makan.

Related

Food 1671517762913527483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item