Kelak, Manusia Bisa Bernapas Dalam Air seperti Aquaman


Naviri Magazine - Aquaman adalah sosok superhero DC, yang sempat kita lihat dalam film Justice League. Seperti yang kita saksikan dalam film, Aquaman memiliki kemampuan menyelam ke dasar air tanpa peralatan apa pun, hingga dalam waktu sangat lama. 

Itu jelas kemampuan yang tidak dimiliki manusia biasa, karena nyatanya manusia tidak bisa bernapas dalam air, kecuali menggunakan peralatan tertentu, semisal tabung oksigen.

Sudah lama para ilmuwan berpikir dan melakukan penelitian untuk menemukan cara agar manusia bisa menyelam dan bernapas dalam air seperti Aquaman. Dalam arti tidak lagi harus menggunakan tabung oksigen yang berat untuk dibawa-bawa. 

Kini, upaya ke arah itu tampaknya mulai menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Para ilmuwan mulai menemukan cara untuk mewujudkan impian agar manusia bisa bernapas dalam air. Kali ini bukan menggunakan tabung oksigen yang berat, tapi menggunakan kristal yang di beri nama Kristal Aquaman.

Kristal Aquaman telah dikembangkan 

Dilansir dari telegraph.co.uk, para ilmuan dari Denmark tengah mengembangkan zat kristal yang dapat mengikat semua oksigen dalam satu ruangan. Tak hanya di udara, oksigen tersebut juga bisa diserap di dalam air. Setelah itu, oksigen tersebut dapat dilepas kapan pun dan di mana pun, dengan stimulasi panas.

Cara kerjanya seperti spons yang menyerap air

Komponen penting dari Kristal Aquaman adalah kobalt, yang bisa menyerap oksigen di sekitar layaknya spons. Cara kerja ini seperti cara makhluk hidup bernapas, seperti manusia dengan zat besi atau kepiting dan laba-laba yang menggunakan tembaga.

Bisa menggantikan tangki oksigen yang berat

Cristine McKenzie, dari University of Southern Denmark, menyampaikan bahwa bisa jadi suatu hari nanti penyelam tak perlu lagi membawa tabung oksigen yang berat. Sebagai gantinya, mereka hanya perlu membawa butiran kristal. 

Kristal itu akan menyaring dan mengumpulkan oksigen dari udara dan air di sekitarnya. Beberapa buah kristal dapat digunakan untuk satu tarikan napas. Setelah itu, kristal dapat menyerap oksigen dari air di sekitar penyelam.

Tak hanya untuk menyelam, Kristal Aquaman ini juga bisa digunakan untuk pasien pengidap penyakit paru-paru

McKenzie menyampaikan bahwa Kristal Aquaman diharapkan dapat bermanfaat untuk pasien pengidap sakit paru-paru, sebagai pengganti tangki oksigen yang berat. Tentunya akan sangat praktis karena pasien dapat leluasa ke mana-mana.

Nama Kristal Aquaman memang terinspirasi dari karakter komik DC, Aquaman

Seperti namanya, Kristal Aquaman memang terinspirasi dari karakter komik DC, Aquaman. Tentu karena kemampuannya untuk bisa menyelam di bawah air tanpa alat berat. Meski masih tetap mengandalkan alat, setidaknya tidak sebesar tangki oksigen.

Alat ini masih dalam tahap pengembangan, alias belum bisa digunakan segera. Semoga saja akan ada hasil nyata dari penelitian ini, sehingga keinginan manusia untuk bisa bernapas di dalam air seperti Aquaman bisa terwujud.

Related

Science 6957151015303063412

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item