Mengapa Indonesia Sering Dilanda Gempa Bumi? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Gempa bumi adalah getaran kerak bumi yang disebabkan kekuatan dari dalam bumi. Sebenarnya, gempa bumi terjadi setiap hari, namun kita hanya bisa merasakan gempa yang besar.

Tempat yang paling rawan gempa bumi adalah yang terletak di batas-batas lempeng yang membentuk jalur tertentu, yang disebut sabuk gempa bumi. Ada dua sabuk gempa, yaitu sabuk Mediteran, dan sabuk Pasifik. 

Sabuk Mediteran melintang dari samudera Atlantik ke sebelah utara laut tengah, Turki, Iran, Himalaya, Birma, Sumatera, Jawa, Nusa tenggara, dan Maluku. Sedang sabuk Pasifik menyusuri tepi samudera Pasifik dari Filipina, Jepang, pantai barat benua Amerika, Selandia Baru, Samoa, dan Irian.

Pertemuan dua sabuk itu berada di wilayah Maluku. Karena Indonesia dilewati dua sabuk gempa, maka Indonesia pun jadi sering mengalami gempa bumi. Dalam setahun, rata-rata terjadi 400 kali gempa bumi terjadi di Indonesia, namun untungnya tidak semua gempa berkekuatan besar.

Related

Nature 8364264755004397290

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item