Kisah Penemuan Fosil-fosil Dinosaurus Pertama di Bumi


Naviri Magazine - Kemungkinan besar, orang pada zaman dahulu kadang menemukan tulang dinosaurus, namun tidak mengetahui apa yang sebenarnya mereka temukan. Penemuan dinosaurus pertama yang dikenal sebagai reptil yang sangat besar adalah hewan pemakan daging yang disebut Scrotum humanum. 

Itu terjadi pada 1677—dua abad sebelum istilah “dinosaurus” diciptakan. Tulang itu ditemukan oleh Dr. Robert Plot, dan kelak spesies temuannya itu dinamakan megalosaurus.

Sementara gigi dinosaurus pertama yang ditemukan adalah gigi milik hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Gigi dinosaurus itu ditemukan oleh Mary Anne Mantell pada 1822. 

Ia menyerahkan temuannya itu kepada suaminya, Dr. Gideon Mantell, seorang dokter Inggris dan pemburu fosil amatir. Dua tahun kemudian, pada 1825, Dr. Mantell menamakan fosil tersebut Iguanodon (gigi iguana).

Apa warna dinosaurus?

Tidak ada seorang pun yang tahu. Potongan-potongan kulit yang sudah menjadi fosil ditemukan di beberapa tempat, dan kebanyakan tampak keras dan berkutil. 

Sangat jarang ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa hewan itu memiliki warna berbelang-belang atau menunjukkan perubahan-perubahan warna. Sebagaimana kebanyakan reptil modern, dinosaurus diperkirakan memiliki warna-warna yang suram.

Related

Science 5136489007934064112

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item