Kenapa Timeline Twitter Isinya Elon Musk Melulu?


Banyak pengguna Twitter mengeluhkan timeline atau lini masanya pada bilah 'For You' kerap dihiasi kicauan bos perusahaan, Elon Musk. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Dikutip dari The Verge, tidak semua orang mendapatkan umpan (feed) pertama Elon. Namun, banyak orang menyadari ada sesuatu yang berbeda.

Pengguna lain melihat lebih banyak balasan (reply) Musk dari biasanya. Hal yang sama berlaku untuk beberapa akun yang bahkan tidak mengikuti (following) Elon Musk.

Fenomena ini terjadi hanya beberapa hari setelah Musk mengeluh bahwa tweet-nya tidak mendapatkan cukup banyak penayangan. Akibat hal itu, ia bahkan memecat seorang insinyur Twitter.

Menurut Zoë Schiffer dan Casey Newton dari Platformer, data internal Twitter menunjukkan akun Musk naik ke puncak popularitas dalam peringkat pencarian pada April 2022.

Sejak itu, engagement-nya turun drastis. Namun, para insinyur Twitter tidak menemukan masalah dengan algoritma platform.

Musk mengatakan Twitter meluncurkan semacam perubahan untuk memperbaiki masalah "visibilitas" ini. Sang miliarder menyatakan 95 persen tweetnya tidak "disampaikan".

Musk mengungkapkan dua masalah signifikan, pun sebagian besar ditangani usai pertemuan dengan para insinyurnya:

Pertama, Layanan Fanout untuk Following feed menjadi kelebihan beban saat dirinya berkicau. Hal ini mengakibatkan hingga 95 persen kicauannya tidak terkirim sama sekali.

Kedua, algoritma rekomendasi menggunakan jumlah blok absolut, bukan jumlah blok persentil. Menurutnya, ini menyebabkan akun dengan banyak pengikut dibuang, meskipun blok hanya 0,1 persen dari pengikut.

Related

Internet 5231043136506898866

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item