Warga RI Tertinggal Jauh dari Australia Soal Lapor SPT Pajak Online


Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan mengakui masyarakat di Indonesia masih tertinggal jauh oleh Australia dalam hal pelaporan kewajiban pajaknya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, 97% penduduk Australia melaporkan pajaknya via elektronik atau online.

"Australia itu sudah 97%, tapi rata-rata untuk negara maju itu yang manual semakin sedikit, semakin efisien, semakin aman, gak ada kertas dipegang. Ke depan kita dorong supaya elektronik," kata Hestu di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta.

Hestu menyebutkan, di Indonesia ada 18 juta wajib pajak (WP) yang wajib lapor SPT di tahun 2018. Dari total tersebut, ditargetkan sekitar 80% atau sekitar 14,4 juta WP yang melaporkan SPT.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun sebelumnya hanya mencapai sekitar 12 juta, dan yang melaporkan secara elektronik sekitar 60%. Sampai pada 9 Maret 2018, Hestu mengatakan sudah ada 4,2 juta WP yang melaporkan SPT Tahunan periode tahun 2017.

"Sampai tadi pagi kita pantau 4,2 juta WP yang sudah menyampaikan SPT dan lagi bahwa efiling, kita berjalan lancar jadi 72% dari 4,2 juta menggunakan efiling, sisanya 28% datang ke KPP," ungkap dia.

Hestu mengungkapkan agar membiasakan para WP melaporkan SPT Tahunannya secara elektronik terus diupayakan dengan upaya-upaya pembinaan kepada masyarakat.

“Kita akan sosialisasi di KPP, semuanya bergerak sosialisasi, kita juga proaktif, kita juga mendorong agar penyampaian SPT dengan e-filing atau online, termasuk kemudian publikasi kita melalui medsos, dan tokoh terkenal, seperti Pak Presiden, Pimpinan DPR, dan Panglima itu mendorong masyarakat menyampaikan SPT dengan efiling," tutur dia.

Related

Indonesia 335708365883540542

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item