Cicilan Tiap Bulan Rp2 Miliar, Raffi Ahmad Tidur Dua Jam Sehari


Raffi Ahmad adalah artis yang sukses menjaga karir dan bisnisnya hingga menjadi sosok yang kaya raya. Khalayak pun menjulukinya sebagai ‘Sultan Andara’. Namun, semua itu tidak diraihnya dengan mudah. Pada satu titik, dia bahkan pernah punya cicilan Rp2 milar tiap bulan.

Gara-gara cicilan itu, Raffi Ahmad pun harus kerja keras. Ototmatis jam tidur atau istirahatnya berkurang. Praktis dia tidur hanya dua jam dalam sehari. 

“Gue (sekarang cicilan) tinggal dikit, tapi gue pernah dulu waktu awal-awal nikah, punya cicilan sebulan sampai 2 miliar,” ucap Raffi Ahmad dikutip dari kanal YouTube Trans7.

Tentu saja hal itu sangat memberatkan. Pasalnya, selain baru nikah, kerajaan bisnisnya belum semantap saat ini. Pengalaman tersebut menjadi pelajaran penting dalam hidupnya. Yakni, bagaimana mengelola keuangan yang baik dan benar.

“Cuma akhirnya itu jadi pelajaran buat gue. Jadi kita kalau mau nyicil itu sesuai kemampuan kita aja,” ucap suami Nagita Slavina itu.

Pernyataan Raffi Ahmad itu pun membuat Rigen, Andre Taulany, dan Indra Jegel yang hadir di acara tersebut kaget. “Itu nyicil apaan 2 miliar? Nyicil bumi? Kok bisa banyak gitu?” tanya Rigen.

Ayah Rafathar dan Rayyanza ini menjelaskan, saat itu dia memang keliru karena kurang memperhatikan aspek rasio cicilan dan pemasukannya. “Ya memang dulu itu gue salah, kita juga cicilan jangan terlalu tinggi-tinggi lah, kita juga kadang stres,” ucap Raffi.

Nah, gara-gara kejar setoran untuk membayar cicilan, Raffi Ahmad pernah berada di fase cuma bisa tidur selama 2 jam per hari. Namun, pola tidur singkat itu kini sudah mulai ditinggalkan karena dianggap merusak tubuh.

“Sekarang gue minimal lima jam gue harus tidur, jadi biasanya jam 12 malam sudah tidur, jadi jam lima sudah bangun,” ucap sulung dari tiga bersaudara itu.

Selain itu, model, aktor, dan presenter tersebut sadar bahwa usianya sudah tak muda lagi. Raffi Ahmad harus pintar-pintar mengatur jadwal agar bisa mendapatkan istirahat cukup dan menjaga badannya tetap bugar. 

Related

Celebrity 163276942545471469

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item