Status Darurat COVID Dicabut, WHO: Silakan Hidup 'Normal' Kembali


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi menyatakan status kedaruratan global COVID-19 berakhir, seiring dengan tren kasus dan kematian yang menurun signifikan di hampir seluruh negara. Selama wabah merebak, ada 6,9 juta orang yang tewas usai tertular COVID-19.

Pertemuan mengenai dicabutnya status kedaruratan COVID-19 dibahas pada Kamis kemarin, dengan rekomendasi PBB mendeklarasikan berakhirnya krisis virus Corona sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional atau PHEIC. Itu adalah tingkat kewaspadaan tertinggi.

Tedros mempersilakan warga untuk kembali menjalani hidup normal seperti sebelum COVID-19 mewabah.

"Tren ini telah memungkinkan sebagian besar negara untuk hidup kembali seperti yang kita ketahui sebelum COVID," kata Tedros, sembari menekankan risiko penularan virus masih tetap ada.

Pencabutan status PHEIC ini sekaligus menjadi momen emosional dengan mengingat kilas balik bagaimana pandemi COVID-19 semula membuat banyak orang bahkan dokter kewalahan.

"Kita tidak bisa melupakan tumpukan api itu. Kita tidak bisa melupakan kuburan yang digali. Tak satu pun dari kita di sini yang akan melupakan mereka," kata pimpinan teknis WHO untuk COVID-19 Maria Van Kerkhove.

Tingkat kematian akibat COVID telah melambat dari puncaknya lebih dari 100.000 orang per minggu pada Januari 2021 menjadi lebih dari 3.500 dalam seminggu hingga 24 April 2023. Menurut data WHO, ini terjadi berkat vaksinasi meluas, ketersediaan perawatan yang lebih baik, dan tingkat kekebalan populasi dari infeksi sebelumnya.

Mengakhiri keadaan darurat dapat berarti bahwa kolaborasi internasional atau upaya pendanaan juga diakhiri atau mengalihkan fokus, meskipun banyak yang sudah beradaptasi saat pandemi mereda di berbagai daerah.

"Pertempuran belum berakhir. Kami masih memiliki kelemahan, dan kelemahan yang masih ada di sistem kami akan terpapar oleh virus ini atau virus lain. Dan itu perlu diperbaiki," kata direktur kedaruratan WHO Michael Ryan.

"Dalam banyak kasus, pandemi benar-benar berakhir saat pandemi berikutnya dimulai," kata Ryan.

Tahun lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pandemi telah berakhir. Seperti sejumlah negara lain, ekonomi terbesar dunia itu mulai membongkar keadaan darurat domestiknya untuk COVID, yang secara resmi berakhir 11 Mei, yang berarti akan berhenti membayar vaksin dan pengujian untuk banyak orang dan mengalihkan tanggung jawab ke pasar komersial.

Eropa Union juga mengatakan pada April tahun lalu bahwa fase darurat pandemi telah berakhir, dan daerah lain telah mengambil langkah serupa.

Deklarasi WHO datang hanya empat bulan setelah China mengakhiri pembatasan COVID parah yang berkepanjangan dan dirusak oleh lonjakan kasus. Keputusan itu juga menunjukkan bahwa penasihat WHO percaya varian baru virus corona yang lebih berbahaya tidak mungkin muncul dalam beberapa bulan mendatang, meskipun virusnya tetap tidak dapat diprediksi.

"Saya tidak akan ragu untuk mengadakan komite darurat lain jika COVID-19 sekali lagi menempatkan dunia kita dalam bahaya," kata kepala WHO, Tedros.

Di banyak bagian dunia, angka testing telah berkurang secara dramatis, dan sebagian besar orang berhenti memakai masker. Di beberapa negara, aturan wajib pemakaian masker telah disetop. WHO menerbitkan rencana minggu ini untuk memberi nasihat kepada negara-negara tentang cara hidup dengan COVID-19 ke depan.

COVID akan terus menantang sistem kesehatan di seluruh dunia dalam jangka panjang, termasuk Long COVID, kata pakar penyakit menular.

"Tidak seorang pun boleh menganggap (ini) berarti COVID-19 tidak lagi menjadi masalah," kata Mark Woolhouse, seorang ahli epidemiologi di Universitas Edinburgh.

"Ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan dan tampaknya akan tetap menjadi masalah di masa mendatang."

Related

News 2397375505790156583

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item