Brightburn, Kisah Superhuman dalam Nuansa Gelap dan Jahat


"Bagaimana jika seorang yang memiliki kemampuan superhuman, alih-alih menjadi seorang pahlawan untuk melindungi umat manusia, ia malah jadi orang yang sangat jahat?" Konsep "What if", sepertinya menjadi gagasan awal pembuatan Brightburn yang ditulis oleh James Gunn bersama kedua saudaranya, Mark dan Brian Gunn.

Menghadirkan kisah manusia super dengan nuansa yang gelap dan kejam, penggarapan film ini dipercayakan pada penulis skenario sekaligus sutradara, David Yarovesky. Film ini memang menarik dari segi premis cerita. Sehingga tak berlebihan bila penonton berekspektasi terhadap film ini.

Sinopsis

Brightburn bermula ketika pasangan Kyle Breyer (David Denman) dan Tori Breyer (Elizabeth Banks) dikejutkan dengan kemunculan benda asing yang jatuh dari langit, di hutan yang berada di belakang rumah tempat tinggal mereka. Pasangan yang belum dikaruniai anak tersebut kemudian menemukan sosok bayi misterius dalam sebuah kapsul yang diduga berasal dari luar angkasa.

Keluarga Breyer yang takjub melihat bayi tersebut akhirnya mengadopsi dan membesarkannya, dengan nama Brandon Breyer, yang diperankan oleh aktor muda, Jackson A Dunn. Akan tetapi kehidupan keluarga Breyer yang sebelumnya berjalan biasa perlahan berubah ketika Brandon mulai tumbuh dengan berbagai perilaku aneh yang muncul berkaitan dengan asal usulnya.

Di usianya yang beranjak remaja, ia mulai mengalami rentetan peristiwa yang menuntunnya pada fakta yang telah disembunyikan orang tua yang telah mengadopsinya selama bertahun-tahun. Brandon pun mulai menyadari kekuatan besar yang dimilikinya. Kekuatan inilah yang akhirnya menjadi teror menakutkan bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya.

What If, Sudut Lain Manusia Super

Brightburn merupakan salah satu film yang sempat menjadi sorotan pada 2019 silam. Kehadiran film ini menambah euforia masyarakat terhadap film bertema superhuman yang cukup marak bermunculan di beberapa tahun ke belakang.

Meskipun film ini mengangkat latar cerita yang hampir mirip dengan karakter terkenal, Superman, namun Brightburn tak memiliki afiliasi dengan salah satu markas superhero terbesar di Amerika Serikat, DC. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa penasaran penonton dengan storyline yang ditawarkan oleh film produksi Screen Gems tersebut.

Konsep cerita dalam film Brightburn memang bukan sesuatu yang asing, terutama bagi para pecinta komik bertema superhero. Melalui konsep “What if”, masyarakat diajak berandai-andai, melihat sudut berbeda manusia yang memiliki kekuatan dari sisi yang gelap dan jahat.

Meskipun tema yang diangkat tentang manusia super, namun film Brightburn bukan kisah superhero. Hampir sebagian besar scene dalam film ini didominasi adegan horor yang mengerikan, ketimbang mengeksplorasi kekuatan istimewa yang dimiliki sang tokoh utama untuk menyelamatkan dunia dari segala kemungkinan bahaya yang mengancam. Hal ini pula yang membuat banyak penonton terkecoh dengan genre yang diusung film ini.

Related

Film 4225267282968483217

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item