Korea Selatan Mengalami Resesi Seks, Apa Penyebabnya?


Korea Selatan mengalami rekor terkait angka kesuburan terendah di dunia. Negara ini memang mengalami masalah reproduksi bertahun-tahun. Menurut data pemerintah pada 2021, tingkat kesuburan di Korsel turun 0,03 persen menjadi 0,81 persen.

Di tahun sebelumnya, Seoul bahkan mencatat lebih banyak kematian ketimbang tingkat kelahiran. Kondisi semacam itu membuat jumlah penduduk di Korsel menurun. Untuk menjaga kestabilan populasi, satu negara harus memiliki tingkat kesuburan 2,1 persen.

Terlepas dari itu, apa saja penyebab Korsel mengalami resesi seks?

Ogah Berkencan hingga Nikah

Mayoritas perempuan di Korsel mengaku tak punya waktu, uang, dan kapasitas emosional untuk berkencan. Menurut laporan The Conversation masyarakat muda Korsel saat ini disebut-sebut sebagai "generasi sampo." Ucapan tersebut merujuk pada generasi yang menyerah terhadap tiga hal, yaitu berkencan, menikah, dan punya anak.

Asisten Profesor Sosiologi di Universitas British Columbia, Yue Qian, mengatakan 40 persen masyarakat Korsel berumur 20-30 tahun sudah berhenti berkencan. Menurut Yue, pernikahan dan berkencan bukan priortias kalangan muda Korsel. Mereka memiliki tanggung jawab lebih banyak soal urusan rumah.

Kesulitan Ekonomi

Selain soal ogah berkencan, kawula muda Korsel juga tak mau menikah dan punya anak karena kesulitan finansial. Banyak di antara mereka yang bekerja sebagai buruh kontrak, upah rendah, dan jaminan pendapatan.

Budaya Jam Kerja Panjang

Menurut laporan OECD, di antara anggota organisasi ini, Korsel adalah negara yang memiliki jam kerja terpanjang, demikian dikutip The Conversation. Dalam sepekan, jam kerja bisa mencapai 68 jam. Pada 2017 lalu, rata-rata jam kerja warga Korsel bahkan 2.024 jam per tahun.

Merespons situasi tersebut, pemerintah memangkas jam kerja menjadi 52 jam. Dengan demikian warga Korsel punya kehidupan personal usai bekerja.

Related

International 8982419052028074458

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item