Mengapa Ada Orang yang Introvert? Ini Penjelasan Ahli


Introvert adalah orang yang memiliki kualitas kepribadian yang dikenal sebagai introversi, yang menandakan mereka lebih nyaman berfokus pada pikiran dan ide mereka. Mereka menikmati waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada kelompok besar atau banyak orang. 

Mengutip dari webmd.com, mungkin bagi banyak orang, introvert adalah orang yang pemalu atau pendiam, dan lebih senang untuk menyendiri. Meskipun ada beberapa orang introvert yang pendiam, namun ada banyak bentuk kepribadian ini.

Seorang psikolog bernama Carl Jung mulai menggunakan istilah introvert dan ekstrovert (kadang-kadang dieja extravert) pada tahun 1920-an.

Kedua tipe kepribadian ini mengurutkan orang ke dalam bagaimana mereka mendapatkan atau menghabiskan energi mereka. Introvert, kata Jung, beralih ke pikiran mereka sendiri untuk mengisi ulang, sementara ekstrovert mencari orang lain untuk kebutuhan energi mereka.

Tanda-tanda Introvert

- Butuh ketenangan untuk berkonsentrasi 
- Membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan 
- Merasa nyaman sendiri 
- Tidak menyukai kerja kelompok
- Lebih suka menulis daripada mengungkapkan
- Merasa lelah saat di keramaian
- Memiliki sedikit teman, namun sangat dekat dengan teman tersebut
- Senang melamun atau tenggelam dalam imajinasi mereka

Bagaimana tipe kepribadian ini bisa muncul? 

Para peneliti telah menemukan bahwa introvert memiliki aliran darah yang lebih tinggi ke lobus frontal mereka daripada ekstrovert. Bagian otak ini membantu Anda mengingat sesuatu, memecahkan masalah, dan merencanakan ke depan.

Otak introvert juga bereaksi berbeda terhadap dopamin daripada otak ekstrovert. Itu adalah bahan kimia yang mengaktifkan bagian otak Anda yang mencari hadiah dan kesenangan. 

Introvert dan ekstrovert memiliki jumlah bahan kimia yang sama, tetapi otak ekstrovert mendapatkan gebrakan yang bersemangat dari pusat penghargaan mereka. Introvert, di sisi lain, cenderung hanya merasa lelah karenanya.

Banyak orang menganggap introvert sebagai pemalu, tetapi keduanya tidak terkait. Introversi adalah tipe kepribadian, sedangkan rasa malu adalah emosi.

Related

Psychology 3792444873402952617

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item