Mungkinkah Manusia Dapat Bahagia Sepanjang Hidup?


Sepanjang hidup, manusia akan mengalami banyak emosi dan perasaan. Bahagia tentu jadi emosi yang paling menyenangkan.

Namun kenyataannya, otak manusia tidak didesain untuk selalu merasakan bahagia. Dokter spesialis kesehatan jiwa dr. Jiemi Ardian Sp.KJ menyampaikan bahwa manusia tidak mungkin bisa merasa bahagia terus menerus.

"Sulit untuk merasakan bahagia setiap waktu. Karena otak manusia tidak didesain untuk itu. Kita tidak didesain untuk terus menerus bahagia," kata Jiemi dikutip dari kanal YouTube Jiemi Ardian.

Daripada bahagia, menurut Jiemi, perasaan berupa ketenangan, perasaan cukup, tidak terganggu, akan lebih realistis untuk dicapai. Selalu bersyukur dan berpikir positif juga tidak harus dipaksakan sepanjang waktu.

Daripada itu, yang lebih mungkin bisa dilakukan, kata Jiemi, adalah manusia menyadari emosi yang sedang dirasakannya dan tidak terlalu lama tenggelam di dalamnya. Sehingga pikiran bisa tetap sadar dan merasakan ketenangan.

"Bukan berarti tidak memiliki emosi. Nggak. Kita tidak bisa mengharapkan kebahagiaan seterusnya. Tapi kita bisa mengharapkan dan mengusahakan kedamaian. Jadi jangan merasa bersalah kalau tidak bahagia. Kalau itu yang kamu rasakan, terima, sadari, peluk emosinya, dan izinkan dia berlalu. Gak apa-apa merasakan itu selama tidak tenggelam," paparnya.

Jiemi menjelaskan, makna perasaan bagi setiap orang juga bisa berbeda. Sebab perasaan akan sangat bergantung dengan konteks kondisi. Itu sebabnya kesedihan orang lain belum tentu akan juga terasa menyedihkan untuk diri kita sendiri.

"Misalnya, bagi beberapa orang melihat perceraian orangtua sangat menyakitkan, tapi buat saya mungkin tidak terlalu. Oke mereka bercerai, jadi saya tidak setiap hari melihat mereka bertengkar seperti di sasana tinju. Perasaan sangat bergantung dengan konteks. Begitu juga dengan kebahagiaan. Kita tidak bisa sama ratakan satu kejadian semua harus sama," jelas Jiemi.

Related

Psychology 8994620280884436274

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item