Persaingan Bisnis Aqua dan Le Minerale yang Belum Juga Selesai


Ketatnya Aqua dan Le Minerale dalam bersaing sebagai produsen air mineral hingga kini masih terjadi. Tak jarang Aqua dan Le Minerale menggunakan cara ‘kotor’ dalam bersaing, baik sindiran dalam bentuk iklan dan yang lainnya.

Bila Le Minerale sempat membahas penggunaan tenaga dokter dalam iklan, Aqua pun pernah didenda hingga miliaran rupiah karena dianggap memonopoli pasar. Terjadi sekitar tahun 2017, Aqua diduga kembali melakukan hal yang sama, melarang toko atau agen yang menjual produk Le Minerale.

"Sejak terbukti bersalah dalam persaingan tidak sehat oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Danone Aqua tampaknya belum kapok," tulis akun Twitter Paltiwest.

Melalui unggahannya, ada cuplikan berita soal larangan toko menjual Le Minerale. "Aksi persaingan usaha tidak sehat masih saja dijalankan," sambungnya.

Aqua dituding masih menyimpan rasa waswas dengan pertumbuhan Le Minerale sebagai kompetitornya dalam bisnis air mineral.

"Bukannya jera, Danone Aqua terkesan sakit hati dan terkesan menyimpan dendam dan terus menyerang pesaingnya," lanjutnya.

Kejadian itu memang sempat ramai dan jadi pemberitaan hampir di semua media, termasuk di jagad maya.

Coba menggali hal itu, media sempat melakukan konfirmasi ke salah satu Warung Madura di Jatiasih, Kota Bekasi. Warung Madura merupakan toko kelontong yang memiliki jejaring cukup banyak dan termasuk yang menjual produk air mineral seperti Aqua dan Le Minerale.

"Dulu ya dengernya begitu, cuma itu agen-agen gede kayaknya," ucap Ahmad Gozali, penjaga Warung Madura.

Meskipun tidak merasakan langsung adanya larangan itu, namun beberapa Warung Madura konon juga terlihat.

"Warung kan belanja dari agen gede, katanya dulu nyari barang (Le Minerale) sempat susah," ujarnya.

Namun dia berharap itu semua tidak lagi terjadi kembali karena ditakutkan akan berdampak padanya.

"Kalo kayak gitu lagi kita yang susah juga, Aqua, Le Minerale, Vit, kalo di warung mah semua laku-laku aja kok, kita nyari hidup dari semua dagangan," pungkasnya.

Related

News 4564212417634324676

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item