Suami Jadi Generasi Sandwich, Gajian Selalu Habis, Istri Stres (Bagian 1)


Wanita ini mengungkapkan dirinya merasakan bagaimana menjadi generasi sandwich setelah menikah dengan suaminya. Kisahnya viral di TikTok, karena si suami gajinya selalu habis untuk membiayai hidup orangtua bahkan keponakannya.

Curhatan istri tersebut mulai viral berawal dari unggahan Ariska Paramita, lewat akun TikTok @la_ola09. Ariska membagikan foto-foto, dari foto buku nikah hingga mempunyai seorang anak.

"Kalau gak nikah sama kamu, aku gak tahu gimana rasanya jadi sandwich generation. Ini pas mau foto background biru, hati aku sudah mantap buat nikah sama kamu, walaupun dengan background keluarga kamu yang kayak gitu. Di sini aku belum sepenuhnya tahu tentang keluarga kamu, tapi aku sudah yakin, karena di antara beberapa cowok yang dekatin cuma kamu langsung serius mengajak nikah," kenang Ariska.

Ketika persiapan pernikahan, Ariska rela menjual motor untuk menambah biaya. "Di sini aku terima dikasih mahar berapa pun dan gak nuntut nikahnya harus gimana-gimana, karena yang penting halalnya, sudah capek pacaran-pacaran gak jelas, aku juga gak ada ibu dan bapakku sudah sakit-sakitan," jelasnya.

Ariska memperlihatkan foto prewedding-nya. Dia mengaku bahagia dan terharu karena bisa mempunyai kenang-kenangan, berupa foto aesthetic. Ariska menuturkan meminta bantuan temannya untuk mengabadikan momen prewedding, supaya hemat biaya.

"Di sini keluarga kamu gak ada pembahasan tentang nikah, malah nyuruh nikah di kampung bapakku di Ngawi, karena mungkin gak mau keluar biaya seperser pun, bahkan pas nikah di kampungku orang tua kamu gak ikut mengantar wkwkwk sad ya," ujarnya kecewa.

"Ini H-3 sebelum menikah sudah di Ngawi, aku tahu kamu di sini sedih banget karena sendirian, gak ditemenin keluarga kamu buat nikah, padahal seharusnya mereka mampu dan bisa nemenin kamu, tapi memilih gak pergi, karena sibuk ngurus cucu kesayangan mungkin," lanjut Ariska.

"Gak ada tabungan sama sekali, padahal kerja dari pagi sampai tengah malam, duit gaji habis buat ngidupin keponakan," curhat Ariska lagi.

Setelah menikah, Ariksa dan suami tinggal di rumah mertua yang berada di Palembang. Ternyata di rumah tersebut ada anggota keluarga lain yang juga menetap di sana. Ariska yang seorang anak tunggal, awalnya kaget dengan tempat tinggal barunya tersebut.

"Mana banyak orang, semua anggota keluarga tinggal di situ, risih banget, karena aku anak tunggal, dan selalu hidup sendiri jadi gak biasa sama keadaan ramai, tapi gak papa aku turutin biar kamu gak sedih," ucapnya.

"FYI kita gak disedekahin sama sekali habis nikah, ya udah kaya gak terjadi appa-apa, kaya nikahan binatang aja, padahal di kampung bapakku diramein, full pakai uang bapakku dan gak kamu ganti," ungkapnya.

Ariska menuturkan suaminya sudah membiayai kebutuhan keponakannya sejak awal pernikahan mereka. Mertuanya juga sering ke kamar untuk meminjam uang kepada Ariska.

"Terus disuruh diam-diam gak usah bilang kamu, tapi karena aku kasihan, jadi aku kasih gak usah pinjam, eh malah dikasih ke anak perempuan kesayangan sama cucu kesayangan wkwkwk," ujarnya kaget.

Ariska sendiri aktif bekerja dan sebelumnya menabung untuk bisa menikah. Kini setelah menikah, dia merasakan pengeluaran makin banyak karena si suami menanggung biaya kebutuhan keluarganya yang lain.

"Kerja-kerja, karena pengeluaran habis nikah makin banyak, gak cuma buat berdua, tapi buat nanggung keluargamu yang segambreng, belum lagi susu sama pampers keponakanmu," imbuhnya pasrah.

"Di sini aku sudah capek dan muak banget, hidup di rumah kamu, yang ada tengkar terus setiap hari, uang juga habis gitu aja, percuma capek kerja gak bisa nabung, aku rela jual iPhone 12 aku, buat bisa mulai hidup baru, cari rumah kontrakan dan beli perabotan, orang tua kamu semakin sebel sama aku habis ini," kenangnya.

Tak tahan tinggal di rumah mertua, Ariska memutuskan untuk mengontrak bersama suaminya. Namun setelah tinggal di rumah kontrakan, dia mengalami beberapa kendala.

"Pertama kali pindah rumah kotrakan, ehh ada aja, tengah malam atap bocor, rumah banjir, mana posisinya aku lagi hamil muda, tengah malam tidur kedinginan, karena atap rumahnya memang terbang kebawa angin," tulisnya.

Ariska menunjukkan atap rumah kontrakan yang jebol. Niat hati mengambil kontrakan yang murah, dia malah mengeluarkan biaya lebih karena rumah tersebut sering rusak.

"Karena aku hamil muda dan gak bisa kerja lagi, aku sambil prelovein barang-barangku buat nambah-nambah pemasukan, karena pas hamil pengeluaran malah tambah banyak banget," terangnya.

Baca lanjutannya: Suami Jadi Generasi Sandwich, Gajian Selalu Habis, Istri Stres (Bagian 2)

Related

Romance 8241505558585481753

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item