Suami Jadi Generasi Sandwich, Gajian Selalu Habis, Istri Stres (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Suami Jadi Generasi Sandwich, Gajian Selalu Habis, Istri Stres - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pada Hari Raya Idul Fitri, Ariska mengaku kehidupan rumah tangganya lebih baik karena tinggal di rumah kontrakan. Ariska tak habis pikir, ibu mertuanya sering berbohong pura-pura sakit jantung.

"Singkat cerita sudah lahiran anak kita, keluargamu sepeser pun gak ada tuh bantu biaya lahiran, harus telepon bapakku dulu buat bantu, selembar baju pun gak ngasih, bahkan nunggu di rumah sakit pun enggak," lanjut Ariska.

"Padahal aku sedih banget sudah gak punya ibu, berharap ibu mertua bisa kaya ibu taunya eh eh. Di sini untungnya suami selalu support aku, dan sudah terbuka matanya gimana perlakuan keluarganya sama aku," lanjutnya lagi.

Ariska mengaku sering memberikan apa pun yang keluarga suaminya inginkan. Seperti sering membelikan mertuanya baju dan tas tapi malah dipakai oleh adik iparnya.

"Anakku gak pernah sama sekali ditengokin, sibuk ngurusin cucu satunya," curhatnya.

Seiring berjalannya waktu, Ariska mengungkapkan sudah berdamai dengan keadaan. Mereka juga bisa tegas dengan keluarga suaminya, tidak bisa terus membiayai hidup si keponakan atau keluarga lainnya.

"Apalagi beliin susu sama pampers keponakanmu, karena kamu juga suda punya anak. Cucu segemoy ini loh gak pernah dilirik, ya gak papa lah nak, ada ibu yang selalu nemenin kamu, kamu gak perlu nenek, yang penting ayah sama ibu ada untuk kamu 24 jam," kata Ariska.

Ariska menuturkan iparnya mulai iri karena anaknya lebih sehat, aktif dan kebutuhannya lengkap. "Padahal aku ngurus sendiri loh, gak dibantu ibumu, aku juga beli apa-apa buat anakku pakai uangku sendiri bukan uang kakakmu," tegasnya.

"Happy gak diganggu lagi sama keluarga suami, karena mereka juga yang musuhin, jadi malu mau minta bantuan lagi wkwkwk. Kalau mau hidup happy dan gak stress tergantung suami, walau pun suami gaji dikit juga tapi kalau pengertian hidup aman-aman saja," katanya lagi.

Konfirmasi 

Media sudah menghubungi Ariska Paramita atau akrab disapa Mita yang mengunggah pengalamannya di TikTok soal suaminya yang menjadi generasi sandwich. Dia menceritakan kisah di balik video unggahannya.

"Jadi postingan itu cerita tentang gimana rasanya ngerasain jadi sandwich generation, yang dimana di situ yang jadi sandwich generation adalah suamiku, yang harus membiayai keluarganya bahkan sampai keponakannya, itu terbawa sampai ketika kami menikah," ungkap Mita.

Wanita berusia 25 tahun itu mengungkapkan awal menikah masih rela ketika suaminya membagi nafkah untuk orangtua dan keponakannya. Namun lama kelamaan dia tak kuat.

"Tapi ketika kami mulai memberontak, malah mertua dan ipar menganggap kami musuh, padahal kami sudah membantu semaksimal mungkin, karena suami sudah capek juga membiayai keluarganya sampai dia sendiri pun tidak punya tabungan sama sekali, akhirnya suami pun menyerah, dan sekarang sudah fokus dengan keluarga kecil, masa-masa itu kami lewati selama tiga tahun," kata Mita.

Mita dan suaminya menikah pada November 2021. Kini mereka tinggal di rumah sendiri yang dibeli dengan sistem cicilan lewat KPR

Sebelumnya, Mita dan suami tinggal di rumah mertua selama tiga bulan. Mereka juga sempat menetap di rumah kontrakan selama satu tahun.

Di akhir wawancara, Mita mengaku kini lebih tenang. Dia berharap unggahannya bisa memberikan pemahaman pada siapapun kalau sudah menikah, seorang suami sebaiknya memprioritaskan kebutuhan anak dan istrinya.

"Ketika sudah punya anak dan istri, sebaiknya suami memprioritaskan kebutuhan anak istri dahulu, boleh membantu orang tua, dan wajib juga memberi orang tua bila ada rezeki lebih. Sebagai orang tua juga harus menerima berapapun dikasih anak dan jangan meminta lebih, untuk ipar juga, ketika sudah berkeluarga jangan pernah meminta lagi kepada kakak yang sudah menikah juga, kakakmu banyak kebutuhan," tutupnya. 

Related

Romance 1369707977838828559

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item