8 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Ginjal Rusak


Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting, seperti halnya jantung dan paru-paru. Organ ini berfungsi menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jika ginjal rusak, kondisi tersebut akan sangat berdampak pada organ tubuh lainnya hingga memicu berbagai masalah kesehatan. Pada dasarnya, penyakit-penyakit tertentu bisa memicu penurunan fungsi ginjal.

Selain kondisi medis, ada beberapa kebiasaan yang juga bisa merusak ginjal. Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu ginjal rusak.

Jarang Minum

Kebiasaan jarang minum ternyata bisa merusak ginjal. Maka dari itu, perlu tetap terhidrasi agar membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Disarankan minum air dalam jumlah yang cukup menjadi cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal. Untuk orang dewasa, disarankan untuk mengkonsumsi air 1,5 sampai 2 liter air per hari.

Sering Begadang

Tak hanya berpengaruh bagi kesehatan jantung, kebiasaan begadang juga bisa merusak ginjal. Dikutip dari laman National Foundation, fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

Malas Gerak

Duduk dalam waktu yang lama dikaitkan dengan penyakit ginjal. Sebab, aktivitas fisik diketahui bisa menurunkan risiko penyakit tersebut. Aktivitas fisik bisa meningkatkan metabolisme glukosa. Hal itulah yang menjadi faktor yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ngemil Makanan Asin

Makanan asin atau gurih seperti keripik kentang dan camilan lainnya yang mengandung banyak garam sangat disukai banyak orang. Ternyata, pola makan tinggi garam bisa meningkatkan tekanan darah dan membahayakan ginjal.

Konsumsi Makanan Olahan

Sering mengkonsumsi makanan olahan seperti sosis dan nugget juga bisa memicu kerusakan pada ginjal. Itu banyak mengandung natrium dan fosfor.

Banyak pasien ginjal yang harus membatasi asupan fosfor dalam makanannya. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan jantung.

Minuman Kaleng

Agar ginjal tetap sehat, perlu menghindari konsumsi minuman kaleng. Sebab, minuman tersebut mengandung pemanis tambahan. Terlalu banyak gula memicu obesitas sekaligus meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Itu juga akan berdampak pada kesehatan ginjal.

Banyak Makan Daging

Protein hewani pada daging merah menghasilkan kadar asam yang tinggi pada darah. Hal ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Itu merupakan kondisi saat ginjal tidak bisa menghilangkan asam dengan cepat.

Merokok

Kebiasaan merokok sangat berpengaruh pada kerusakan ginjal. Seorang perokok lebih mungkin memiliki protein dalam urinenya. Hal ini merupakan salah satu tanda adanya kerusakan pada ginjal.

Related

Health 5057964850318898917

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item