Kisah Penemuan Komplain Tertulis Pertama di Dunia


Keluhan pelanggan pertama yang tercatat berasal dari Mesopotamia dan berusia lebih dari 3.800 tahun (1750 SM). Itu adalah keluhan seorang pedagang bernama Ea-nasir dari seorang pelanggan bernama Nanni. Ditulis dalam tulisan paku Akkadia, itu dianggap sebagai keluhan tertulis tertua yang diketahui. 

Saat ini disimpan di British Museum. Ea-nasir pergi ke Dilmun untuk membeli tembaga dan kembali untuk menjualnya di Mesopotamia. Pada suatu kesempatan, dia setuju untuk menjual batangan tembaga kepada Nanni. Nanni mengirim pelayannya dengan uang untuk menyelesaikan transaksi. Tembaga dianggap oleh Nanni di bawah standar dan tidak diterima.

Sebagai tanggapan, Nanni membuat surat paku untuk dikirim ke Ea-nasir. Tertulis di atasnya adalah keluhan kepada Ea-nasir tentang pengiriman tembaga dengan kualitas yang salah, dan masalah dengan pengiriman lain. Nanni juga mengeluhkan pelayannya (yang menangani transaksi) diperlakukan dengan kasar. Dia menyatakan bahwa, pada saat penulisan, dia belum menerima tembaga tersebut, tetapi telah membayar uangnya.

"Tablet Keluhan Untuk Ea-Nasir" ditemukan di reruntuhan Ur di dalam sebuah rumah tua Babilonia, yang mungkin merupakan kediaman Ea-Nasir. Tablet itu ditemukan dan diakuisisi oleh Sir Leonard Woolley, yang memimpin ekspedisi gabungan University of Pennsylvania dan British Museum dari tahun 1922 hingga 1934 di kota Ur di Sumeria.

Related

Science 45476941586646413

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item