Mengenal Skor IELTS dan Acuan Angka untuk Kuliah di Luar Negeri

Ilustrasi seorang wanita sedang belajar IELTS secara online di Lister (dok.wayhomestudio)
Kursus IELTS - Jika kamu memiliki mimpi untuk melanjutkan studi di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Salah satunya, kemampuan berbahasa Inggris. 

Di luar negeri, khususnya negara dengan bahasa utama bahasa Inggris, mewajibkan setiap mahasiswa internasional untuk mengikuti dan memiliki skor tes kemampuan bahasa dengan skor tertentu. 

Seperti sekian skor IELTS yang harus dicapai calon mahasiswa yang akan mendaftar pada beberapa universitas tujuan. Kemampuan dalam memahami bahasa Inggris kemudian diujikan pada tes IELTS, memiliki banyak alasan. 

Diantaranya, membantu dan menunjukkan bahwa setiap peserta didik dari negara non berbahasa Inggris bisa secara aktif dan efektif berbahasa Inggris. 

Kenali skor IELTS yang terdiri dari sembilan angka dan acuan dari beberapa universitas di Amerika Serikat, Singapura, hingga Inggris dalam melamar pendidikan. 

Skor IELTS 

IELTS yang mana kependekan dari International English Language Testing System merupakan salah satu syarat ujian bahasa Inggris yang harus dilalui oleh siapa saja yang ingin melanjutkan studi atau karir. 

Tes IELTS adalah ujian standar global yang diakui secara internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. 

Ada sekitar empat kemampuan bahasa yang diujikan, Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Dengan menggunakan empat kemampuan tersebut, nantinya setiap individu yang melewatinya akan mendapatkan akumulasi skor IELTS. 

Skor IELTS inilah yang nantinya bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di beberapa negara berbahasa Inggris. Namun, sebelum mengikuti dan belajar IELTS untuk mencapai skor yang diinginkan. 

Kamu perlu mengenal tingkatan skor IELTS dan penjelasan seputar nilai tersebut dari yang rendah hingga tinggi. 
  • Band 0: Tidak ada informasi yang bisa diberikan, peserta tidak ikut dalam ujian. 
  • Band 1: Tidak memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris, penggunaan kata cukup terbatas.
  • Band 2: Peserta tidak memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Hanya bisa menyampaikan sedikit kata dan kalimat pendek. Tidak memahami bahasa Inggris secara lisan dan tulisan. 
  • Band 3: Peserta mampu menyampaikan dan memahami makna umum dalam situasi informal. Namun, komunikasi masih dianggap kurang dimengerti. 
  • Band 4: Peserta mampu memahami apa yang disampaikan oleh lawan, baik melalui kata yang diucapkan atau ekspresi. Namun, tidak memahami kalimat formal dengan tingkatan yang lebih kompleks. 
  • Band 5: Mampu menguasai bahasa Inggris melalui komunikasi secara menyeluruh, mulai dari makna hingga situasi. Namun, masih melakukan banyak kesalahan dalam berbahasa. 
  • Band 6: Secara umum, peserta memiliki penguasaan kosakata dan tata bahasa Inggris yang baik walau masih ada yang kurang akurat, tepat, dan membuat salah paham. Namun, peserta dengan skor IELTS ini paham dengan penggunaan bahasa dengan makna rumit. 
  • Band 7: Peserta memiliki kemampuan bahasa secara menyeluruh dan sadar dengan penggunaan makna bahasa yang kompleks. Peserta bisa memahami setiap pertanyaan dengan detail. 
  • Band 8: Peserta memiliki penguasaan bahasa yang cukup menyeluruh dalam berbagai situasi. Selain itu, peserta bisa menjawab berbagai argumentasi atau pertanyaan dengan rinci. 
  • Band 9: Peserta menguasai bahasa Inggris selayaknya masyarakat bertutur bahasa Inggris utama dengan penguasaan bahasa yang baik, akurat, dan fasih. 

Perhitungan skor IELTS 

Setelah mengetahui arti dibalik skor IELTS, saatnya mengetahui bagaimana skor IELTS didapatkan dari instansi yang menyelenggarakan. 

Secara keseluruhan nilai IELTS diambil dari rerata keempat kemampuan yang diujikan, seperti Listening, Reading, Writing dan Speaking. Skor yang dari setiap kemampuan itu memiliki bobot yang sama. 

Adapun nilai rata skor IELTS yang diambil akan dibulatkan ke nilai paling besar atau setengahnya. Sebagai contoh, 

Jika kamu telah mengikuti tes IELTS dan mencapai angka 4.0 untuk Listening, 3.5 untuk Reading, 4.0 untuk Writing, dan 4.0 untuk Speaking. Maka total nilai IELTS yang didapatkan sebesar 15.5 kemudian dibagi 4 muncullah angka 3,875. Skor akan dibulatkan ke angka yang mendekati yaitu 4.0. 

Nilai IELTS yang didapatkan secara resmi dan bisa dipertanggungjawabkan dari lembaga bahasa terpercaya, akan berlaku selama dua tahun untuk studi, bekerja, atau melakukan perpindahan tempat tinggal. 

Persiapan tes IELTS 

Mengingat tingkatan kesulitan pada setiap soal yang diujikan dan biaya tes IELTS yang cukup tinggi membuat pentingnya melakukan persiapan secara matang dan menyeluruh. 

Entah dari mental calon peserta hingga persiapan bekal pengetahuan dalam mengerjakan setiap soal yang diujikan. Oleh karena itu, Lister hadir sebagai solusi utama para calon peserta ujian IELTS dalam menghadapi tes IELTS secara daring. 

Dengan pendampingan secara mental dan pengetahuan bersama tutor berpengalaman dan bersertifikat IELTS mumpuni, calon peserta dapat membiasakan diri dengan format tes, meningkatkan kecepatan pemahaman, dan mengasah keterampilan menulis dan berbicara. 

Persiapan yang akan dibekali oleh Tutor Lister IELTS bukan hanya meliputi tips dan trik jitu dalam mengerjakan yang tak pernah dibahas dalam buku, tetapi juga mengelola waktu lebih efisien selama ujian berlangsung. 

Lebih dari itu, Lister juga memiliki tim akademik dengan pendampingan di luar kelas selama 24/7 untuk mempersiapkan mental calon peserta dalam meminimalisir adanya stres atau rasa khawatir menjelang ujian. 

Persiapan tes IELTS tidak hanya berdampak pada hasil akhir skor, tetapi juga memberikan keuntungan psikologis agar lebih jernih.  Disisi lain, Lister juga menawarkan jaminan garansi skor 7.5 dalam kelas ultimate intensif yang berhasil membantu ratusan calon mahasiswa sejak tahun 2020. 

Konsultasi IELTS Gratis Hanya di Lister!

Hasil skor IELTS dapat digunakan untuk mendaftar ke lebih dari 10.000 institusi di 140 negara. Ikuti Kursus IELTS yang diadakan oleh Lister, bekerja sama dengan IDP Education.

Simak Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Related

Education 3392807657772172685

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item