Ini Cara Tepat Memilih Layanan Wifi Internet untuk Bisnis Anda!


Untuk memastikan kelancaran dalam berkomunikasi dan mencari informasi sehari-hari, penting untuk memiliki layanan wifi internet yang dapat diandalkan. Dengan koneksi yang stabil, aktivitas seperti pekerjaan, pendidikan, dan hiburan dapat diakses dengan mudah dan tanpa hambatan.

Menyediakan fasilitas internet yang berkualitas saat ini menjadi kebutuhan utama setiap bisnis. memiliki akses internet yang cepat dan konsisten ini memberikan dukungan bagi usaha seperti kafe, restoran, dan hotel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. 

Dengan pengalaman pelayanan yang memuaskan, tercipta kesan yang positif bagi pelanggan untuk kembali lagi ke tempat yang sama. Ketersediaan WiFi internet ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi suatu bisnis sehingga tidak heran jika restoran atau pusat perbelanjaan yang menyediakan area WiFi internet selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Namun, di antara banyaknya ISP atau Internet Service Provider yang tersedia, bagaimana cara memilih dan mempertimbangkan ISP mana yang terbaik untuk bisnis Anda?

Cara Memilih Wifi Internet yang Baik untuk Bisnis Anda

Berikut adalah cara memilih jaringan WiFi internet atau ISP yang tepat untuk bisnis Anda:

1. Identifikasi Kebutuhan Wifi Internet Bisnis Anda

Setiap usaha memiliki kebutuhan yang spesifik. Sebelum menentukan ISP mana yang Anda akan pilih, penting untuk mengerti kebutuhan khusus bisnis Anda. Apakah bisnis Anda butuh internet berkecepatan untuk mentransfer data, misalnya seperti dokumen penting? Apakah pelanggan Anda menggunakan internet dengan kapasitas yang besar seperti komunikasi video? Atau apakah bisnis Anda memerlukan layanan spesial seperti hosting web atau email

Memahami hal yang Anda butuhkan, dan terutama pelanggan Anda butuhkan, akan membantu dalam pemilihan ISP wifi internet yang tepat

2. Melihat Testimoni Kualitas dari Pengguna Wifi Internet

Kualitas internet secara menyeluruh menjadi faktor penting dalam pemilihan ISP. Pastikan ISP yang Anda pilih menawarkan layanan pelanggan yang handal dan koneksi yang berkualitas. Selain itu, periksa reputasi ISP wifi internet tersebut dengan mengunjungi situs web mereka atau forum diskusi dan lihat apa saja tanggapan mereka yang sudah menggunakan ISP tersebut mengenai layanan mereka (ISP)

3. Perhatikan Teknologi/Infrastruktur yang Digunakan oleh ISP

Saat ini, sebagian besar penyedia layanan internet menggunakan kabel kabel fiber optik sebagai medium transmisi jaringan. Teknologi kabel fiber optik menjadi opsi tercepat, terpercaya, dan stabil karena mampu mentransfer data dalam kapasitas yang sangat besar. 

Namun, jika infrastruktur kabel fiber optik belum tersedia di daerah Anda, Anda dapat mencari teknologi infrastruktur lain yang tersedia di sekitar, seperti teknologi nirkabel (wireless), V-SAT (satelit), atau opsi lainnya.

4. Cari Tahu Kualitas Customer Service-nya

Sebagai penyedia layanan wifi internet, biasanya mereka menawarkan layanan  pasca pembelian berupa customer service 24/7, dukungan teknis yang terpercaya, dan lain-lain. Dalam layanan ini, terdapat tim teknisi yang secara rutin memantau jaringan sehingga pengguna tak perlu khawatir terhadap kemungkinan masalah jaringan.

Selain layanan teknis, customer service juga penting apabila nantinya Anda memiliki masalah dengan jaringan Anda. Apabila customer service-nya berkualitas dan fast respond, maka akan menghemat waktu Anda dalam perbaikan masalah jaringan dan juga dapat memberikan pengalaman baik bagi pelanggan Anda.

5. Membandingkan Harga dan Paket

Setelah memahami kebutuhan internet Anda, bandingkanlah berbagai paket dan harga yang ditawarkan oleh ISP wifi internet yang tersedia. Biasanya, ada yang menawarkan kecepatan tinggi dengan harga yang lebih tinggi, sementara yang lain mungkin menawarkan harga lebih terjangkau, tetapi dengan kecepatan yang lebih rendah. Pilihlah paket internet yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda.

6. Memilih Wifi Internet dengan Welcome Page sebagai Portal Login

Selain hal di atas, terdapat satu hal tambahan yang perlu Anda cari dalam memilih ISP wifi internet, yaitu apakah bisa atau tidak bisanya pembuatan Captive Portal pada ISP tersebut. 

Captive Portal ini merupakan sistem dimana apabila seseorang ingin menggunakan suatu WiFi internet, maka mereka terlebih dahulu diharuskan untuk melakukan login menggunakan username dan password yang telah diberikan. Hal ini juga biasa disebut sebagai portal login.


Manfaat Portal Login untuk WiFi Internet Bisnis

Menyediakan wifi internet yang menggunakan portal login memiliki beberapa manfaat untuk bisnis. Berikut ini adalah manfaat welcome page sebagai portal login.

1. Memisahkan Traffic Wifi Internet

Membuat pemisahan traffic internet yang digunakan pengunjung memiliki beragam manfaat keamanan, termasuk menjaga internet dari pengguna yang tidak dipercaya. Sebagai pengunjung tamu, mereka akan memiliki ACL (Access Control List) yang berbeda sesuai kebijakan keamanan perusahaan. 

Dengan ini, pelanggan memiliki akses terbatas dalam internet perusahaan. Hal ini juga memastikan bahwa pelanggan mendapatkan akses yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau ketersediaan yang telah ditentukan.

2. Membatasi Ketidakadilan Penggunaan Wifi Internet

Beberapa pengguna jaringan wifi internet yang gratis mungkin sering kali terhubung dengan suatu pengguna dan menggunakan jaringan secara berkelanjutan untuk mendominasi bandwidth dengan kegiatan seperti mengunduh musik, video, atau file besar secara berulang.

Melalui pengaturan tambahan pada portal login, hal ini dapat mengurangi aktivitas dengan mengontrol kecepatan unduhan, membatasi ukuran file yang dapat diunduh, membatasi jumlah unduhan dalam satu sesi, atau memblokir akses ke situs web yang sering digunakan untuk mengunduh file besar. 

Proses ini dikenal sebagai bandwidth throttling atau traffic shaping yang bisa menghemat banyak kuota.

3. Pengumpulan data

Salah satu  fitur standar pada portal login ini adalah memberikan catatan data berdasarkan waktu, tanggal, dan pengguna. Hal ini memungkinkan administrator jaringan untuk melacak pengguna dan aktivitas mereka dalam jaringan tersebut. Hal ini juga mempermudah pengumpulan data yang dapat berguna untuk keperluan bisnis Anda.

Related

Internet 4634337624381122115

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item