Hasil Lengkap 17 Survei Terbaru Pilpres 2024 (Bagian 1)


Berbagai lembaga survei terus merilis hasil survei jelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 14 Februari 2024. Berikut adalah hasil survei 17 lembaga terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dirangkum sejak awal Januari 2024.

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

LSI merilis hasil survei terbaru peta elektoral jelang Pemilu 2024 di Sumatra Barat (Sumbar). Hasil survei menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 49,8 persen.

Survei ini digelar pada 11-18 Januari 2024. Penarikan sampel survei menggunakan metode multistage random sampling. Responden survei sebanyak 1.600 di Sumbar. Margin of error survei +- 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei LSI di Sumbar:
- Prabowo-Gibran 49,8%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 42,1%
- Ganjar Pranowo-Mahfud Md 4,3%
- Tidak tahu/tidak jawab 3,8%

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Sumbar yang punya hak pilih dalam Pemilihan Umum. Yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

"Di setiap dapil DPR RI di Sumbar diambil sampel sebanyak 800 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sehingga total sampel secara keseluruhan sebanyak 1.600 responden di Provinsi Sumbar. Total sample tersebut memiliki toleransi kesalahan (margin of error) ±2,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling," kata Djayadi dalam keterangan yang diterima, Rabu (24/1/2024).

Djayadi mengatakan sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di tiap Dapil Sumbar yang terdistribusi secara proporsional. Dia menyebut analisis gabungan diterapkan pembobotan sehingga sampel dari seluruh Kabupaten/Kota juga terdistribusi secara proporsional di tingkat Provinsi.

"Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20% dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti," katanya.

Djayadi mengatakan, survei dilakukan dengan simulasi tiga nama tertutup dan surat suara pasangan Capres-Cawapres. Pertanyaannya, jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan nama berikut ini?

"Menariknya saat simulasi surat suara dilakukan, ternyata tidak berubah banyak saat dimasukkan nomor urut 1 Anies-Imin, nomor urut 2 Prabowo-Gibran dan nomor 3 Ganjar-Mahfud. Dari situlah kita mendapatkan Prabowo-Gibran unggul atas Anies-Imin sekitar 7,7 persen. Prabowo-Gibran 49,8 persen, Anies-Imin 42,1 persen. Sementara suara Ganjar-Mahfud memang jauh, hanya di 4,3 persen. Yang tidak tahu atau tidak menjawab hanya 3,8 persen," katanya.

Indonesia Survey Center (ISC)

ISC merilis survei terkini terkait elektabilitas peserta Pilpres 2024. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam survei ini.

Peneliti senior ISC Chairul Pane menjelaskan kriteria responden survei yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memiliki KTP dan menikah. Jumlah sampelnya sebanyak 1.670 responden.

Sebaran sampel dalam survei ini yakni di 34 provinsi. Margin of error survei ini sebesar +/-2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%. Waktu pengumpulan data 11-19 Januari 2024 atau setelah debat ketiga Pilpres 2024.

Teknik pencuplikan sampling adalah random digit dailing atau pembangkitan nomor telepon seluler (HP) secara random. Pengumpulan data telesurvei atau wawancara via telepon.

Hasilnya:
Prabowo-Gibran: 52%
Anies-Cak Imin : 21,7%
Ganjar-Mahfud Md: 18,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 8,2%

Chairul Pane menjelaskan bahwa pasangan Anies-Cak Imin menyalip pasangan Ganjar-Mahfud Md. Anies-Cak Imin 21,7% dalam simulasi tiga pasangan, sedangkan Ganjar-Mahfud 18,1%.

"Anies-Muhaimin posisi kedua melampaui pasangan Ganjar-Mahfud," katanya, Senin (22/1/2024),

Sementara itu, menurut Chairul Pane, Pilpres 2024 berpeluang berjalan dalam satu putaran. Sebabnya, dalam temuan survei pasangan Prabowo-Gibran 52%.

"Kalau dikatakan 1 putaran, berpeluang besar 1 putaran," imbuhnya.

Charta Politika

Charta Politika merilis survei terbaru, salah satunya elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bertarung di Pemilu 2024. Survei menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei dilakukan pada 4-11 Januari 2024 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka.

Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun atau sudah menikah. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,82%. Quality control 20% dari total sampel.

Berdasarkan keterangan resmi Charta Politika, elektabilitas Prabowo-Subianto unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN). Elektabilitas Prabowo 42,2%, disusul Ganjar-Mahfud 28% dan AMIN 26,7%.

"Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (42.2%) menjadi pilihan tertinggi responden pada pertanyaan tertutup, di atas Ganjar Pranowo-Mahfud Md (28.0%) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26.7%)," tulis keterangan Charta Politika, Minggu (21/1/2024).

Berikut hasilnya:

Pertanyaan: Seandainya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan hari ini, pasangan manakah yang akan B/I/S pilih?

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 42,2%
Ganjar Pranowo-Mahfud Md 28%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,7%
Tidak jawab/tidak tahu 3,1%

Poltracking Indonesia

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden 2024-2029. Hasilnya, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih unggul jauh.

Pengambilan data lapangan survei ini dilakukan pada awal tahun 2024, tepatnya pada tanggal 1 - 7 Januari 2024 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Sampel pada survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Klaster survei menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. Metode sampling representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat.

Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

Baca lanjutannya: Hasil Lengkap 17 Survei Terbaru Pilpres 2024 (Bagian 2)

Related

News 1177766686646850615

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item