Prabowo Heran Ada Guru Gajinya Cuma Rp 400 Ribu Sebulan


Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto heran saat menemukan ada guru di daerah yang gajinya Rp 400 ribu per bulan.

"Guru-guru banyak di daerah terpencil yang penghasilan sebulan hanya Rp 400 ribu. How can you live (bagaimana kamu dapat hidup?)" ujar Prabowo dalam Trimegah Political and Economic Outlook 2024 di kawasan Sudirman, Jakarta pada Rabu, 31 Januari 2024.

Padahal, kata dia, guru bertanggung jawab terhadap masa depan Indonesia. Sebab, guru berperan mendidik anak-anak yang menjadi penerus bangsa.

Dalam dokumen visi-misinya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menyiapkan sejumlah program untuk guru. Pertama, menaikkan gaji aparatur sipil negara (ASN) terutama guru supaya bisa meningkatkan pelayanan publik.

"Kebijakan penggajian diarahkan pada upah minimum provinsi (UMP) dengan rentang gaji tertinggi mengacu pada jabatan profesional, meski pelaksanaan dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan negara," bunyi salah satu poin dalam dokumen visi misi Prabowo - Gibran.

Prabowo dan Gibran juga berjanji memberlakukan upah minimum untuk kategori guru swasta, pendidikan anak usia dini (PAUD), madrasah, dan yayasan. Selain itu, keduanya menyatakan akan mengangkat guru honorer secepatnya secara berkala dan tenaga honorer K2 menjadi ASN.

Related

News 4940505112797181874

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item