Fakta dan Misteri Penemuan Jenazah Wanita di Gudang Apotek Kimia Farma (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Fakta dan Misteri Penemuan Jenazah Wanita di Gudang Apotek Kimia Farma - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sempat Terlihat Mondar Mandir

Ia menjelaskan, dari rekaman CCTV yang berhasil didapatkan oleh pihak kepolisian, almarhum memang terlihat mondar-mandir di Jalan Hidayatullah pada 31 Januari 2024, Pukul 11.00 Wita. Kemudian sore harinya almarhum masuk ke apotek tersebut.

Ia menjelaskan di hari itu almarhum telah melakukan kontrol ke RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda. Dari CCTV yang terlihat kala itu Bertha ditemani oleh sang suami sebelum sore harinya dinyatakan hilang.

"Kalau pengakuan suaminya habis kontrol, almarhum diminta untuk menunggu saat usai kontrol. Tapi pas kembali katanya sudah tidak ada," kata Joice, salah seorang pihak keluarga yang menemani.

Tino Ampulembang melanjutkan, dari hasil autopsi, almarhum sudah meninggal dunia selama 5 hari sebelum akhirnya ditemukan pada Minggu (18/2/2024).

"Cuma yang dirasa janggal oleh pihak keluarga adalah mengapa begitu lama almarhum di dalam gudang itu, dan masih banyak yang lain," kata Tino Ampulembang.

Ia melanjutkan, setelah ini pihaknya akan mengumpulkan keluarga almarhum untuk melakukan diskusi terkait langkah apa yang akan diambil. Pihak keluarga juga akan dihadirkan dalam gelar kasus yang segera dilaksanakan Polsek Samarinda Kota dalam waktu dekat.

"Tapi kuasa hukum dan pihak keluarga tentu tidak akan tinggal diam karena masih ada kejanggalan-kejanggalan yang belum terjawab," pungkasnya.

Sementara itu pihak kepolisian belum memberikan jawaban lanjutan saat media ini mencoba melakukan konfirmasi. 

Aptotek Diminta Tutup Hingga Pergantian Manajer

Puluhan keluarga korban kembali memadati apotek Kimia Farma di Jalan P Hidayatullah Samarinda, buntut kasus penemuan jasad wanita yang ditemukan membusuk di gudang apotek tersebut.

Pihak keluarga korban menuntut untuk membuka bukti CCTV, dalam mengungkap penyebab kematian korban yang berinisial BT tersebut. Namun hingga saat ini, bukti CCTV tersebut dinyatakan hilang atau terhapus.

Di tengah aksi tersebut, perwakilan keluarga, kepolisian dan pimpinan Kimia Farma melakukan mediasi guna mencapai titik terang terkait kasus tersebut. Pada akhirnya, semua mencapai sepakat untuk menutup apotek Kimia Farma di Jalan P Hidayatullah Samarinda sementara waktu, hingga terselesaikannya kasus tersebut.

“Kami tegaskan sekali lagi, apotek ini sekarang disegel. Karena masih belum menemukan titik terang,” ucap Markus selaku Penasihat Keluarga Korban pada Sabtu, (16/3/2024).

Markus menjelaskan, masih ada beberapa kejanggalan yang belum terungkap hingga sekarang. Salah satunya akses CCTV yang belum terbuka, juga adanya pergantian pimpinan Kimia Farma, bersamaan dengan kasus ini bergulir.

“Kami baru tahu hari ini, sebelumnya pimpinannya bernama Budi, dan sekarang diganti dengan Ilham. Katanya pindah ke Jawa. Jadi yang memberikan keterangan saat ini ngawur, karena tidak tahu apa-apa,” tegasnya.

Pihaknya akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas, sampai keluarga korban mendapatkan keadilan dan kejelasan. “Semoga Kimia Farma bisa terbuka, dan ini mendapatkan titik terang ke depannya,” harapnya.

Sementara itu, Resta selaku Manager Area Kimia Farma Samarinda, buka suara terkait kasus kematian wanita berusia 56 tahun di gudang Apotek Kimia Farma pada 18 Februari 2024 tersebut.

“Karyawan kami sudah dimintai keterangan, bukti CCTV sudah kami serahkan juga ke kepolisian, ketika kejadian itu juga. Tidak ada yang ditutup-tutupi,” kata Resta.

Kemudian, Resta juga menjawab soal pergantian manajemen Kimia Farma di saat kasus kematian korban ini bergulir. Menurutnya, pergantian manajemen tersebut sudah direncanakan sebelum adanya kasus ini.

“Itu pergantiannya bukan pas ada kasus, SK-nya bahkan sudah keluar duluan. Karena setiap tahun ada rolling. Beliau juga siap kok dipanggil ke sini (pimpinan terdahulu),” sampainya.

Related

News 2229585177532557200

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item