Forum Militer Ungkap Kejanggalan Tuduhan Prabowo Korupsi


Forum militer di sosial media X mengungkap berita bohong (hoaks) yang dilontarkan akun anonim @_P0c1_1m0eTWibu, Jumat (9/2). Akun tersebut merespons unggahan 'surat diplomatik' yang menuduh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan korupsi dalam pengadaan pesawat Mirage 2000-5 yang faktanya hingga kini belum dibeli pemerintah.

Forum edukasi militer dari akun @tweetmiliter yang saat ini memiliki 73 ribu pengikut, menganalisis lebih jauh mengenai 'dokumen' tersebut. Akun yang fokus membahas bidang pertahanan dan militer itu meragukan keasliannya.

Mereka mengungkap ada banyak kejanggalan dalam dokumen itu. Salah satunya adalah kalimat yang digunakan dalam dokumen yang disebut 'rahasia' itu. Mulai dari bahasa yang digunakan hingga belum terjadinya pembelian pesawat tersebut oleh Indonesia.

Akun @tweetmiliter juga mempertanyakan hoaks itu, karena membahas pesawat yang unitnya belum dimiliki Indonesia karena pembeliannya ditunda pemerintah.

"Lemot ah kayak internet gratisan. Barang yang diomongin aja nggak ada bentuknya di Indonesia," cuit @tweetmiliter.

"Belum lagi sintaks kalimat Bahasa Inggris di 'telegram rahasia' yang tidak terlihat seperti sintaks American English," lanjutnya.

Akun @twitmiliter juga mengendus dugaan kebohongan lain dari 'dokumen rahasia' yang dimuat @_P0c1_1m0eTWibu. Mereka menemukan sejumlah kalimat yang tercantum, sama persis dengan dokumen yang terbit belasan tahun lalu.

"Ada temuan menarik mengenai 'diplomatic cable' ini. Coba bandingkan 2 diplomatic cable yang terpisah hampir 15 tahun ini. Banyak sekali kesamaan kata-kata di dalamnya, terutama di bagian yg dilingkari," lanjut @tweetmiliter, sembari menyertakan bukti.

Mereka pun mengingatkan masyarakat, khususnya para pengikutnya, untuk tidak mudah terpancing pada kabar tak berdasar jelang Pilpres 2024. "Hati-hati ya, menjelang hari H pencoblosan, banyak disinformasi berkeliaran."

Cuitan @twitmiliter, yang membongkar dugaan hoaks akun @_P0c1_1m0eTWibu didukung warganet X. Sebagian mereka turut menyayangkan munculnya hoaks tersebut.

"Barang belum ada bahkan belum deal kok langsung dibilang korupsi," tulis akun @asrliiiii, sembari menyertakan emoji menangis.

"Hahahaha masih banyak yang ngobok-ngobok via jalur militer ya," cuit @Nebuchanedzar_I.

"Itu sudah satu juta tayangan. Ngeri kali hoax-nya. Kasih community notes kali yah," kata akun @nostradamus006.

Related

News 2767654156598733683

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item