HP Merek Nokia Tidak Akan Ada Lagi, Penggantinya Disiapkan


Produksi HP merek Nokia bakal disetop. Sebagai gantinya, pemegang lisensi merek itu, HMD Global, akan meluncurkan ponselnya sendiri. Nokia pernah berjaya pada akhir tahun 1990-an. Bahkan disebut HP sejuta umat karena saat itu hampir semua orang menggunakannya.

Namun keberadaan Android dan iPhone membuat Nokia kesulitan untuk bertahan. Pada 2016, HMD Global akhirnya membeli lisensi brand Nokia dan setelah itu mulai meluncurkan HP lagi.

Feature phone yang jadi keunggulan Nokia juga sempat dirilis beberapa kali. Saat itu, tren HP tersebut sempat meningkat karena banyak anak muda Gen Z yang lelah menggunakan smartphone dan beralih ke feature phone.

Namun untuk smartphone, Nokia benar-benar tak bisa bersaing lagi. HMD, yang didirikan mantan eksekutif Nokia Jean-Francois Brall itu akhirnya memutuskan meluncurkan merek seperti nama perusahaan yang kepanjangan dari Human Mobile Devices.

Indikasi HMD segera punya merek ponsel sendiri terlihat dari video teaser yang diunggah perusahaan. Bukan hanya smartphone, perusahaan asal Finlandia juga akan meluncurkan headset wireless dan tablet.

HP pertama merek HMD disebut akan memiliki kamera dengan resolusi 108 MP dan dibekali fitur penstabilan OIS. Kabarnya HMD akan memperkenalkan ponselnya itu di panggung Mobile World Congress (MWC) yang digelar dalam waktu dekat.

Selain itu, HMD juga memperlihatkan ingin mulai awal baru dengan mendiskon harga jual smartphone dan tablet Nokia.

Namun belum bisa dipastikan kabar merek Nokia usai HMD merilis HP sendiri. HMD sendiri masih menyebut sebagai manufaktur HP Nokia, yang kemungkinan merujuk pada pembuatan feature phone Nokia tanpa berfokus pada smartphone.

Related

Smartphone 415565459579731619

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item