Kiamat Semakin Dekat, Ada Tanda dari Bawah Samudra Atlantik


Tanda kiamat muncul di bawah tanah dan Samudra Atlantik. Jumlah air makin lama makin menyusut, perubahan iklim pun jelas terlihat di Atlantik. Tentu saja ini membawa dampak buruk bagi Bumi.

Sebuah penelitian menemukan jumlah air di Samudra Atlantik semakin lama makin menyusut dengan jumlah signifikan dibandingkan 30-40 tahun lalu. Dalam catatan penelitian dari UC Santa Barbara, penyusutan mencapai 71%, jauh di atas 16% pada periode 1980-1990 lalu.

Selain itu, penurunan terjadi tiga kali lipat pada beberapa tempat dari yang diperkirakan sebelumnya. Penelitian ini didapatkan dari pengumpulan data dari catatan nasional, subnasional, serta lembaga lainnya.

Lebih lanjut, perubahan iklim terlihat jelas di Samudera Atlantik, di mana titik kerusakan sirkulasi Atlantic Meridional Overturning Circulation (AMOC) dilaporkan terjadi lebih cepat. AMOC adalah arus teluk dan arus kuat lainnya. Ini merupakan sabuk pengangkut laut yang membawa panas, karbon dan nutrisi dari daerah tropis ke Lingkaran Arktik yang menjadi tempat mendingin dan tenggelam ke laut dalam.

Ditemukan bahwa AMOC berada dalam perubahan yang mendadak. Kejadian ini bahkan belum pernah terjadi sejak lebih dari 10.000 tahun lalu dan dampaknya bakal meluas pada sebagian besar dunia.

Berdasarkan penelitian, perubahan suhu pada permukaan laut akan dalam titik kritis terjadi antara 2025-2095. Namun temuan tersebut dibantah oleh Kantor Meteorologi Inggris.

"Sangat tidak mungkin terjadi pada abad ke 21," tulis lembaga tersebut.

Related

Science 5951219386248535183

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item