Menghasilkan Uang dengan 7 Cara Monetisasi Instagram


Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia dan juga di Indonesia. Sejak awal kemunculannya, sudah banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan cuan. Singkatnya, banyak orang yang tahu kalau ada cara monetisasi Instagram.

Kendati demikian, nggak sedikit juga orang yang belum tahu bagaimana cara monetisasi Instagram. Seperti sudah kita ketahui bersama, Instagram merupakan media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi. 

Seiring waktu berjalan, Instagram kini bisa memberi penghasilan pada penggunanya yang konsisten dan tahu langkah-langkah untuk monetisasinya. Pertanyaannya, sebenarnya gimana cara dapat uang dari Instagam?

Cara Membangun Akun Instagram

Sebelum melakukan monetisasi, sangat perlu untuk menjadi micro influencer terlebih dulu. Apa itu micro influencer? Singkatnya, micro infuencer adalah mereka yang punya pengetahuan di satu bidang dan mendapat kepercayaan dari banyak orang sebagai salah satu sumber informasi.

Misalnya content creator game. Seorang content creator game memiliki keahilan dan pengetahuan tentang industri game, sejarah game, konsol sampai dunia internet dan digital. Nah pengetahuan ini harus dibagikan dan diaplikasikan ke dalam konten. Lakukan dengan konsisten dan jadikan diri sebagai salah satu orang yang dikenal sebagai micro influencer bagi industri game.

Jika sudah jadi micro influencer, akan lebih mudah memonetisasi akun. Lebih baik punya 10.000 followers untuk mulai memonetisasi. Tapi hal ini tidak wajib. Followers di bawah 10 ribu juga sebenarnya bisa mendapat uang dari Instagram.

Setelah mengetahui soal cara membangun akun, sekarang saatnya mengetahui beragam cara untuk melakukan monetisasi di Instagram. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini 7 caranya:

1. Afiliasi

Pertama ada afiliasi. Salah satu cara monetisasi paling populer lewat Instagram adalah dengan bergabung dengan program afiliasi alias menggunakan teknik affiliate marketing. Pada dasarnya, affiliate marketing merupakan kerja sama sebuah brand dengan content creator.

Content creator Instagram bisa mengajak sebuah brand untuk bekerja sama. Biasanya, brand akan melihat jumlah pengikut sebelum mengajak kerja sama afiliasi. Jika sudah ada hitam di atas putih, tinggal lakukan promosi dan mencantumkan kode atau URL link tertentu yang mengarah pada pembelian produk dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Kini sudah banyak marketplace yang membuka program affiliate untuk bekerja sama dengan para content creator. Salah satu yang paling populer adalah program Shopee Affiliate yang bisa memberikan keuntungan berupa komisi penjualan produk.

2. Mempromosikan Produk

Cara  menghasilkan uang dari Instagram selanjutnya adalah melakukan promosi produk. Meski terdengar sama dengan afiliasi, promosi produk ini beda secara teknis. Kita secara resmi bekerja sama dengan satu brand dan membuat konten sesuai dengan ketentuan.

3. Berjualan Produk Sendiri

Cara selanjutnya adalah berjualan produk sendiri. Menjual produk adalah cara yang sangat lumrah dilakukan oleh para content creator Instagram. Banyak yang menjual merchandise, jasa, pernak-pernik, makanan dan hal-hal lainnya. Dengan kata lain ini adalah cara untuk berjualan lewat Instagram dengan mamanfaatkan beragam fitur di dalamnya.

4. Video Product Placement

Selanjutnya adalah product placement menggunakan video. Hari ini, format video dinilai sebagai cara terbaik untuk melakukan product placement. Kita bisa menggunakan teknik hard sell atau bahkan soft sell saat menggunakan cara monetisasi satu ini.

Menariknya, kita bisa menggunakan teknik ini lewat banyak fitur Instagram yang memang sedang berfokus pada peningkatan algoritma video.

5. Konten Edukasi dan Informatif

Salah satu cara yang efektif dalam mendapatkan penghasilan dari Instagram adalah dengan berbagi ilmu. Maksudnya, berbagi ilmu bisa menarik perhatian banyak pengguna Instagram. Dengan memiliki audiens, pada akhirnya bisa berjualan jasa atau produk

Yup, mendapatkan uang dari Instagram bukan hanya soal berjualan produk. Terkadang, berbagi ilmu dan mendekatkan diri dengan audiens menjadi jalan untuk kita mendapat dukungan dan pengaruh untuk pengambilan keputusan audiens.

6. Instagram Reels

Selanjutnya ada Instagram Reels. Reels merupakan fitur Instagram untuk menyaingi TikTok dan YouTube Shorts. Sekarang kita bisa mendapat uang dari membuat Instagram Reels dengan menggunakan fitur Play Bonus. Cara kerja penghasilannya mirip dengan monetisasi YouTube Shorts.

7. Maksimalkan Instagram Ads

Terakhir adalah memaksimalkan Instagram Ads. Jika sudah punya kemampuan mendalam mengenai Instagram Ads, penghasilan yang bisa didapatkan juga luar biasa. 

Banyak yang menyangka kalau beriklan itu mengeluarkan uang. Hal itu memang benar. Namun sebenarnya, beriklan juga bisa menghasilkan uang. Dengan kemampuan yang baik, akan mudah untuk melakukan monetisasi dengan Instagram Ads.

Nah itulah beberapa cara untuk melakukan monetisasi Instagram. Gimana, apakah tertarik untuk mendapatkan uang dari Instagram? 

Related

Internet 4784978844803387279

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item