Rekapitulasi Terbaru KPU RI, Ganjar-Mahfud Unggul di Luar Negeri


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melanjutkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara nasional untuk Pemilu 2024, pada hari keempat, Sabtu (2/3/2024).

Dalam rapat pleno yang berlangsung di Kantor KPU RI, Jakarta, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih perolehan suara tertinggi di wilayah Guangzhou, Cina; Zimbabwe, Afrika; Havana, Kuba; Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

“Bapak ibu sekalian, kita mulai pleno rekapitulasi pada pagi ini, hari ketiga, dengan memanggil teman-teman Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Guangzhou,” kata anggota KPU RI, Mochammad Afifudin dalam rapat pleno.

Prabowo-Gibran unggul 332 suara di Guangzhou. Kemudian disusul pasangan calon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 262 suara. Sementara pasang Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi terakhir dengan perolehan 48 suara.

Selain itu, Prabowo-Gibran juga unggul di wilayah Harare yang membawahi dua negara Zimbabwe dan Zambia. Mereka meraih 100 suara. Sementara posisi kedua Anies-Muhaimin 29 suara, disusul Ganjar dan Mahfud 28 suara.

Prabowo-Gibran juga unggul di wilayah Havana, Kubu dengan perolehan 98 suara. Disusul pasangan Ganjar-Mahfud 54 suara dan Anies-Muhaimin 8 suara. Sedangkan Prabowo-Gibran juga unggul tipis di PPLN Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina. Pasangan nomor dua itu memperoleh 29 suara, disusul Anies-Muhaimin 27 suara dan Ganjar-Mahfud 12 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 03, Ganjar-Mahfud juga tercatat unggul di sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat. Ganjar-Mahfud unggul di PPLN Paris, Prancis dengan perolehan 859 suara. Disusul pasangan Prabowo-Gibran 594 suara dan pasangan Anies-Muhaimin 382 suara.

Di Stockholm, Swedia, pasangan nomor urut 03 Ganjar-Mahfud unggul dengan perolehan 346 suara. Disisul pasangan Anies-Muhaimin 233 suara dan Prabowo-Gibran 187 suara.

PPLN Wina, Austria dan Slovenia, Ganjar-Mahfud unggul dengan perolehan sebesar 330 suara. Lalu pasangan Prabowo-Gibran 244 suara dan pasangan Anies-Muhaimin 151 suara.

PPLN Wellington, Selandia Baru, pasangan Ganjar-Mahfud juga unggul dengan perolehan 1.044 suara. Lalu pasangan Prabowo-Gibran 667 suara dan pasangan Anies-Muhaimin 386 suara. PPLN Los Angeles, Amerika Serikat, pasangan Ganjar-Mahfud juga unggul dengan perolehan 2.102 suara. Lalu, pasangan Prabowo-Gibran 1.295 suara dan pasangan Anies-Muhaimin 404 suara.

Sementara itu, KPU RI menskors rekapitulasi suara PPLN Instanbul, Turki dan New Delhi - India karena adanya ketidakesesuaian data pemilih dengan suara yang dimasukkan ke dalam data rekapitulasi di situs KPU.

Sebagai informasi, KPU tengah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional serta penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024. Rapat ini akan berlangsung mulai 28 Februari - 20 Maret 2024.

Related

News 1501828313644299719

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item