Tampilan WhatsApp Berubah, Bisakah Dikembalikan Seperti Semula?


Perubahan tampilan WhatsApp menyebabkan bar menu utama, yang berisi menu “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls”, berada di bawah kolom daftar obrolan. 

Sebelum terdapat perubahan, bar menu utama di WhatsApp Android terletak di atas kolom daftar obrolan. Dengan perubahan ini, tampilan WhatsApp Android jadi mirip tampilan WhatsApp iPhone, yang mana bar menu utama berada di bawah daftar obrolan.

Tampilan WhatsApp berubah di perangkat Android sejatinya tidak berjalan baru-baru ini. Perubahan tampilan WhatsApp di perangkat Android sudah mulai bergulir sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

Perubahan tampilan WhatsApp ini muncul tak lepas karena terdapat pembaruan aplikasi. Meski sudah cukup lama bergulir, pengguna di Indonesia tampaknya baru menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru belakangan ini.

Di media sosial seperti X, banyak pengguna yang melaporkan sudah mendapatkan tampilan WhatsApp terbaru. Tak sedikit di antaranya yang mengaku tak suka dengan tampilan WhatsApp terbaru ini.

Bahkan, ada beberapa pengguna yang ingin kembali ke tampilan WhatsApp versi sebelumnya. Lantas, apakah ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi sebelumnya?

Secara teknis, aplikasi yang telah diperbarui tidak dapat dikembalikan ke versi yang lebih lama. Pengguna juga tidak dapat memilih untuk mengunduh aplikasi versi lama di toko aplikasi resmi.

Jadi, suka tidak suka, tampilan WhatsApp terbaru di HP Android harus diterima pengguna, apabila telah melakukan pembaruan aplikasi. Sayangnya, tak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp seperti semula di versi lama.

Pengguna juga tidak dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp dengan versi yang lebih lama melalui toko aplikasi resmi di HP, untuk memperoleh tampilan WhatsApp yang lama.

Meski tak bisa dikembalikan semula seperti di versi lama, pengguna sejatinya bisa membuat agar tampilan WhatsApp tidak berubah. Lantas, bagaimana cara agar tampilan WhatsApp tidak berubah?

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan WhatsApp tidak berubah seperti sedia kala adalah dengan tidak memperbarui versi aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa mematikan fitur update aplikasi otomatis di HP Android.

Untuk mematikan fitur update aplikasi otomatis, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP Android. Misal, jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan dan klik menu “Pembaruan apl sistem”.

Related

Smartphone 930698346951498208

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item