Rekam Jejak Prabowo-Gibran, Presiden dan Wakil Presiden RI


Prabowo memulai kariernya di TNI Angkatan Darat pada 1974 sebagai Letnan Dua setelah lulus dari AKABRI Darat di Magelang. Ia pertama kali ditugaskan sebagai komandan pleton pada Grup I/Para Komando yang menjadi bagian dari pasukan operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

Dia berperan besar dalam memimpin sebuah misi penangkapan terhadap Nicolau dos Reis Lobato, pemimpin Fretilin yang pada saat Operasi Seroja menjabat sebagai Perdana Menteri.

Dengan bantuan adiknya sendiri Antonio Lobato, kompi Prabowo menemukan Lobato di Maubisse, sebuah kota kecil lima puluh kilometer di selatan Dili.

Dia tewas tertembak di perut saat bertempur di Lembah Mindelo pada 31 Desember 1978, salah satu peristiwa yang menandai berakhirnya perlawanan terbuka Fretilin terhadap invasi militer Indonesia dan bermulanya pendudukan militer atas bekas wilayah jajahan Portugal tersebut. 

Pada tahun 1983, Prabowo telah menjabat sebagai wakil komandan pada Detasemen Khusus 81 (Penanggulangan Teror) di Kopassandha. Dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Karier terakhirnya di militer, Prabowo menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis (Kostrad), sebelum akhirnya diberhentikan dari kedinasan militer.

Selama di dunia militer, Prabowo memiliki sejumlah kontroversi, seperti dugaan dalang penculikan dan penghilangan paksa terhadap sejumlah aktivis pro reformasi. Prabowo juga mengakui memerintahkan Tim Mawar untuk mengeksekusi operasi tersebut karena dia berdalih hal tersebut benar menurut rezim saat itu.

Prabowo hanya mengakui menculik sembilan aktivis pada saat itu, yang semuanya telah dikembalikan dalam keadaan hidup. Akibat perkara ini, Prabowo kemudian diberhetikan dari institusi TNI.

Prabowo juga tercatat sebagai pengusaha. Banyak bidang usaha yang dimilikinya mulai dari sektor energi hingga kertas. Dalam karier politik, dia membangun dan memimpin Partai Gerindra setelah keluar dari Partai Golkar. Dia juga sudah tiga kali maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres).

Prabowo menjadi calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri maju dalam Pilpres 2009. Namun kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Prabowo kembali mencoba peruntungannya dengan maju dalam Pilpres 2014. Kali ini, Prabowo maju sebagai calon presiden dengan didampingi Hatta Rajasa. Namun, dia kalah dari pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

Pada 2019, Prabowo maju lagi sebagai capres berpasangan dengan Sandiaga Uno menantang petahana Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin. 

Sementara itu, Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah menyelesaikan studi di Australia, Gibran membangun karier bisnisnya. Pada 2010, Gibran membuka usaha katering yang diberinya nama Chilli Pari.

Bisnisnya mulai dikenal dan terus berkembang pada 2011. Chilli Pari bukan hanya usaha katering, tetapi juga melayani wedding organizer, yakni menyediakan jasa berbagai kebutuhan pesta, seperti gedung, dekorasi, rias pengantin, suvenir, undangan, hiburan, MC dan lainnya.

Untuk menambah kemampuan karyawannya dalam berbahasa Inggris, Gibran mendirikan House of Knowledge. Dia juga membangun usaha di bidang kuliner lainnya, seperti Markobar alias Martabak Kota Barat yang dirintis pada 2015 dan tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Gibran telah menjadi entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner. Ia dipercaya menjabat Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada Oktober 2015, Gibran membuka resto makanan Italia yang diberi nama Pasta Buntel. Dia juga membuka usaha kedai kopi CS Coffee Shop yang sudah memiliki gerai di Solo, Semarang dan Yogyakarta. Usaha lainnya adalah Ceker Ayam Bakar.

Pada 2016 Gibran membuka Icolor, yaitu usaha reparasi produk elektronik Apple yang kini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ia juga membuat jas hujan bermerek “Tugas Negara Bos” yang dijual secara online di berbagai aplikasi e-commerce.

Usahanya di bidang bisnis terus berkembang hingga mendirikan bisnis kuliner "Mangkok Ku" bersama adiknya, Kaesang Pangarep dan chef Arnold Poernomo.

Selain bisnis kuliner dan lainnya, Gibran juga mempunyai usaha pertambangan di bawah bendera PT Rakabu Sejahtera. Namanya pernah tercatat sebagai pemegang saham dan komisaris perusahaan tersebut.

Nama Gibran pertama kali muncul di kancah politik pada kontestasi calon Wali Kota Surakarta 2020. Dia maju maju berpasangan dengan Teguh Prakosa, Sekretaris DPC PDI-P Solo. Pasangan ini direkomendasikan DPP PDI-P dan mendapat dukungan dari Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, dan PSI.

Pasangan Gibran-Teguh juga didukung oleh parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD, seperti PPP, PKB, dan Partai Nasdem. Dalam pilkada yang digelar 9 Desember 2020, pasangan Gibran-Teguh meraih kemenangan dengan 86 persen suara, jauh mengungguli paslon lawannya.

Di usianya yang masih terbilang muda, 33 tahun, Gibran menjadi orang nomor satu di kota Surakarta itu. Keduanya dilantik pada 26 Februari 2021 sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021–2024. Sebagai anak presiden, Gibran Rakabuming Raka tetap mendapatkan fasilitas pengawalan dari paspampres.

Related

News 2397818639557854736

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item