Selain SIM C, Kini Bakal Ada SIM C1 atau SIM C2


Surat izin Mengemudi khusus sepeda motor akan terbagi dalam 3 golongan, yakni SIM C, SIM C1 dan SIM C2. Jika selama ini kita sudah terbiasa melakukan ujian SIM C yang cuma satu jenis, bagaimana dengan ujian SIM C, SIm C1 dan SIM C2. Apa bedanya?

Hingga saat ini Korlantas memang belum membeberkan bakal seperti apa perbedaan ujian SIM C, C1 dan SIM C2. Hal ini pun diakui oleh Kasat Lantas Polres Cirebon Kota (Ciko), AKP Triyono.

"Sampai saat ini kami belum ada proses untuk SIM C1, karena masih menunggu jukrah (perunjuk dan arah) dari Korlantas maupun dari Dirlantas Polda Jabar. Makanya kami saat ini belum berani memberikan statement, karena belum ada jukrahnya, nanti klo sudah ada jukrahnya baru kami sampaikan lagi," kata Triyono.

Syarat 'Naik Kelas' ke SIM C1

Lalu kapan jukrah mengenai arahan untuk uji SIM C1 dan C2 diedarkan? "Belum ada," Triyono menambahkan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Korlantas Polri tengah menyiapkan ujian untuk pembuatan SIM C1. Motor gede (moge) untuk ujian SIM C1 sudah disiapkan.

"Sampai dengan saat ini korlantas polri masih mempersiapkan dan mengkaji kebijakan tersebut," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Nurul Azizah dalam konferensi pers.

Menurut Nurul, ada 132 unit sepeda motor yang telah disiapkan Korlantas Polri untuk ujian praktik SIM C1. Untuk sementara, ujian SIM C1 ditempatkan di satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas) prioritas.

"Terdapat 132 unit kendaraan roda dua yang akan digunakan sebagai kendaraan untuk ujian SIM C1 yang akan ditempatkan di satuan penyelenggara administrasi SIM atau Satpas-Satpas prioritas. Di antaranya Polres Cirebon Kota sebagai salah satu Satpas Prototype," ucapnya.

Nurul menjelaskan, nantinya SIM C akan terdiri dari tiga golongan. Di antaranya SIM C untuk sepeda motor maksimal 250 cc, SIM C1 untuk mesin motor 250 sampai dengan 500 cc, dan SIM C2 untuk mesin motor di atas 500 cc.

Related

News 1904273611003394501

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item