Franchise Foodpedia, Omzet Bisa Ratusan Juta Rupiah (Bagian 1)


Cafe dan resto menjadi unit bisnis yang dilirik para pebisnis. Salah satunya adalah Foodpedia, franchise café resto yang menyajikan banyak sajian berkualitas dan beragam, dari makanan utama, camilan, minuman, hingga dessert. 

Brand franchise ini sudah memiliki ratusan cabang di sekitar perkantoran dan area kampus. Hal ini membuktikan bahwa franchise seperti Foodpedia memang memiliki pasar yang luas, serta punya peluang tinggi untuk bertahan dan berinovasi. 

Lantas apa saja syarat, biaya hingga prosedur untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan franchise Foodpedia? Simak ulasan Bisnis berikut ini. 

Profil Foodpedia 

Foodpedia didirikan oleh Venjii Hernando di sebuah komunitas bisnis kuliner yang ada di Kaskus. Semula, komunitas ini bertujuan membantu dan membimbing para pengusaha dalam membangun bisnis cafe dan bisnis kuliner. 

Tak hanya membimbing, pada 2015 Foodpedia & Pasta Kangen pun tercipta akibat ketidakpuasan dengan sistem franchise yang sudah ada, yang umumnya lebih banyak menguntungkan pihak franchisor daripada mitranya dan maraknya investasi bodong. 

Sehingga, Foodpedia pun lahir sebagai usaha kuliner berbasis komunitas yang hadir pertama kali di Indonesia, di mana seluruh anggota Foodpedia dan semua mitra yang bergabung melebur menjadi satu dan saling bersinergi dalam mengembangkan Foodpedia. Mereka saling membantu dalam hal berbisnis, misalnya seperti modal dan lainnya. 

Adanya kerjasama yang baik tersebut, tentu tak mengherankan jika akhirnya Foodpedia semakin berkembang dan dapat terus bertahan di tengah pandemi ataupun persaingan pasar yang ada. Bahkan, hanya dalam waktu 37 bulan sejak dijalankan, Foodpedia sudah memiliki 500 lebih cabang yang tersebar hingga ke 64 kota di Indonesia. 

Syarat Franchise Foodpedia 

Melansir dari laman resmi Foodpedia Corp, tidak ada syarat khusus mengenai kriteria calon mitra. Bahkan, bisnis ini terbilang sangat terbuka bagi calon mitra yang belum memiliki pengalaman sama sekali di bidang Food and Beverage. 

Namun, ada beberapa standar operasional yang ditetapkan oleh pihak manajemen Foodpedia ketika mitra sudah melakukan kontrak kerja sama, yakni menjaga keseragaman outlet, kualitas dan hasil. Maka, segala renovasi outlet mitra wajib menggunakan kontraktor yang ditunjuk oleh pusat. 

Selain itu, mitra diwajibkan untuk menyeragamkan interior khas Foodpedia hingga 90%. Sementara, terkait penentuan lokasi, pihak Foodpedia pusat akan turut membantu mitra dalam melakukan survei. 

Terkait royalty fee, untuk bisnis franchise ini, Foodpedia tidak membebankannya kepada mitra. Sehingga, keuntungan sepenuhnya adalah milik mitra. Namun, dengan catatan royalty fee sebesar 2,5% dari nett profit wajib disumbangkan ke anak yatim dhuafa di sekitar outlet mitra sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan dalam berbisnis. 

Biaya Franchise Foodpedia 

Ketika Anda ingin membuka franchise Foodpedia, Anda harus menyiapkan dan membayar sejumlah dana. Melansir dari Foodpedia Corp, disebutkan bahwa ada tiga paket usaha yang ditawarkan per Agustus 2022. 

1. Paket Small (Rp197 juta hingga Rp365 juta) 

Konsep ini mengusung bisnis kuliner skala kecil. Dengan biaya berkisar Rp197 juta hingga Rp365 juta, Anda sudah mendapatkan beberapa fasilitas, seperti bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet, gratis bimbingan usaha selama 1 tahun dan potensi omzet sampai dengan Rp150 juta per bulan. 

2. Paket Medium (Rp472 juta hingga Rp791 juta) 

Konsep ini mengusung bisnis kuliner dengan skala menengah. Terkait fasilitas bantuan yang didapatkan hampir sama, seperti bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet. 

Hal yang membedakan adalah kurun waktu dan keuntungan yang didapatkan. Dengan paket ini, mitra mendapat bimbingan gratis usaha selama 5 tahun dan potensi omzet sampai dengan Rp450 juta per bulan. 

3. Paket Large (Rp1 miliar hingga Rp2,8 miliar) 

Konsep ini mengusung bisnis kuliner dengan skala besar. Terkait fasilitas bantuan yang didapatkan sama persis, seperti bantuan pencarian dan survei lokasi, bantuan pencarian SDM, menu startup Foodpedia, free desain 3D outlet. 

Meski biaya franchise cukup tinggi, namun ada keuntungan yang sangat menarik. Mitra yang membeli paket ini akan mendapat bimbingan gratis usaha seumur hidup dan potensi omzet sampai dengan Rp900 juta per bulan. 

Baca lanjutannya: Franchise Foodpedia, Omzet Bisa Ratusan Juta Rupiah (Bagian 2)

Related

Food 217494901142979573

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item