Kasus Kanker Penis Melonjak, Mengapa Bisa Terjadi? (Bagian 1)


Jumlah kasus dan angka kematian akibat kanker penis meningkat di berbagai belahan dunia. Menurut pakar, lonjakan itu bisa disebabkan sejumlah hal, termasuk kelalaian menjaga kebersihan penis.

João, pensiunan asal Brasil, memutuskan berobat ke dokter pada 2018 setelah menemukan kutil di penisnya.

"Saya ke klinik untuk mencari tahu apa itu, tapi semua dokter bilang itu muncul karena kulit berlebih dan meresepkan obat," kata João, bukan nama sebenarnya, yang berusia 63 tahun.

Namun, obat-obat yang diresepkan tak ampuh, dan kutilnya terus tumbuh. Ini lantas berdampak pada pernikahan dan kehidupan seksnya. "Kami jadi seperti kakak-adik," kata João.

Ia bertekad terus mencari tahu apa yang terjadi. Selama lima tahun, João bolak-balik menemui dokter spesialis, yang kemudian meresepkan berbagai obat dan memintanya terus melakukan biopsi – pengambilan sampel jaringan atau sel untuk mendeteksi kelainan pada tubuh.

"Tidak ada satu pun yang bisa mengatasinya," katanya.

Lalu, pada 2023, ia didiagnosis mengidap kanker penis. "Untuk keluarga saya, itu kejutan yang sangat tidak menyenangkan, terlebih lagi karena saya harus mengamputasi sebagian penis saya. Saya merasa seperti dipenggal," kata João. "Ini adalah tipe kanker yang tidak bisa Anda bicarakan dengan orang lain karena bisa jadi bahan bercandaan."

Kanker penis relatif jarang terjadi, tapi jumlah kasus dan angka kematian karenanya tengah meningkat di berbagai belahan dunia. Tingkat kasus kanker penis di Brasil – negara asal João – adalah salah satu yang tertinggi, mencapai 2,1 kasus per 100.000 pria, merujuk sejumlah studi terkini.

Takut Dioperasi

Pada periode 2012-2022, Kementerian Kesehatan Brasil mencatat laporan 21.000 kasus kanker penis, dengan angka kematian mencapai 4.000. Selama satu dekade terakhir, telah dilakukan lebih dari 6.500 amputasi, atau rata-rata satu amputasi tiap dua hari.

Maranhão, negara bagian termiskin di Brasil, memiliki tingkat kasus tertinggi di dunia dengan 6,1 kasus per 100.000 pria.

Gejala kanker penis biasanya termasuk munculnya benjolan di penis yang tidak kunjung sembuh dan bau yang tak sedap. Bila kanker penis terdeteksi sejak dini, kemungkinan besar bisa sembuh melalui operasi pengangkatan lesi – jaringan kulit yang tak normal, radioterapi, dan kemoterapi.

Namun, bila tidak ditangani, penderita bisa jadi harus menjalani amputasi penis sebagian atau total, serta amputasi organ genital lain seperti testikel. Sebagian penis João diamputasi sebagian pada Januari dan, menurutnya, itu adalah saat-saat sulit.

"Ini adalah sesuatu yang tak pernah kami bayangkan akan terjadi pada kami, dan ketika itu terjadi, kami tak bisa menceritakannya pada orang lain," katanya. "Saya takut dioperasi, tapi tidak ada alternatif lain. Saya merasa sedih di minggu-minggu pertama setelah operasi, saya tak bisa memungkirinya. Kehilangan bagian dari penis Anda adalah hal mengerikan."

Sejumlah pasien menjalani amputasi total, yang disebut mengubah hidup mereka. Thiago Camelo Mourão dari departemen urologi Pusat Kanker AC Camargo di Sao Paulo mengatakan, "Pada kasus amputasi parsial, urin terus keluar melalui penis. Namun, pada kasus amputasi total, lubang uretra bisa dipindah ke perineum di antara skrotum dan anus, sehingga pasien harus buang air kecil sambil duduk di toilet."

Apa Penyebab Kanker Penis?

Menurut para pakar, ada beberapa faktor risiko yang terkait kanker penis, termasuk fimosis – kondisi medis saat kulup melekat erat pada kepala penis – dan merokok.
Mauricio Dener Cordeiro dari Persatuan Urologi Brasil (SBU) mengatakan faktor kebersihan juga dapat berkontribusi menyebabkan kanker penis.

"Ketika seorang pria tidak membuka kepala penisnya dan tidak membersihkan kulupnya dengan benar, akan terjadi sekresi [pengeluaran lendir] yang menumpuk," katanya. "Ini menciptakan lingkungan yang sangat menguntungkan bagi infeksi bakteri. Jika terjadi berulang kali, itu akan menjadi faktor risiko untuk munculnya tumor."

Baca lanjutannya: Kasus Kanker Penis Melonjak, Mengapa Bisa Terjadi? (Bagian 2) 

Related

News 7886122155675926856

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item