Perlu Tahu, Daftar Operasi yang Tidak Ditanggung oleh BPJS


BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS dibentuk pemerintah sebagai upaya menjamin kesehatan warganya.

Hadirnya BPJS kesehatan memungkinkan pasien mendapatkan keringanan biaya untuk berobat. Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua pengobatan dapat menggunakan BPJS Kesehatan. 

Terdapat beberapa operasi atau prosedur medis yang tidak dapat ditanggung atau menggunakan BPJS Kesehatan. Berikut daftar operasi yang tidak bisa sepenuhnya ditanggung BPJS Kesehatan dan tindak operasi yang tidak dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Daftar Operasi yang Tidak Sepenuhnya Ditanggung BPJS Kesehatan

 1. Operasi Elektif

Operasi elektif yang tidak terkait dengan kondisi mengancam jiwa, tidak sepenuhnya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan umumnya akan menanggung operasi yang dianggap medis sebagai keadaan darurat atau kondisi yang mengancam jiwa. 

2. Perawatan kosmetik

Selanjutnya, operasi yang tidak dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan adalah operasi plastik atau perawatan kosmetik. Operasi dengan tujuan kecantikan umumnya tidak sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Tetapi, jika operasi kecantikan tersebut ditujukan untuk mengembalikan fungsi tubuh  yang hilang akibat kecelakaan atau penyakit, operasi tersebut dapat menggunakan BPJS Kesehatan. 

3. Perawatan medis eksperimental

Operasi yang juga tidak dapat sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah perawatan medis eksperimental atau perawatan yang belum terbukti keefektifannya. 

4. Fertilisasi in vitro (IVF) 

BPJS Kesehatan juga tidak menanggung sepenuhnya perawatan IVF atau program kesuburan. Kecuali dalam kasus tertentu seperti masalah kesehatan yang memang mengharuskan melakukan pengobatan tersebut.

5. Perawatan gigi

Perawatan gigi juga merupakan salah satu operasi yang tidak akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. Kecuali operasi gigi tersebut melibatkan operasi medis yang diperlukan untuk mengatasi masalah gigi pasien. 

6. Perawatan kesehatan alternatif

Operasi yang tidak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan selanjutnya adalah operasi perawatan kesehatan alternatif. Perawatan kesehatan alternatif ini dapat berupa akupuntur, pijat dan terapi herbal. Perawatan kesehatan alternatif tersebut tidak dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Tindakan Operasi yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan
Operasi jantung
Operasi Caesar
Operasi Kista
Operasi Miom
Operasi Tumor
Operasi odontektomi
Operasi bedah mulut
Operasi usus buntu
Operasi batu empedu
Operasi mata
Operasi bedah vaskuler
Operasi amandel
Operasi katarak
Operasi hernia
Operasi kanker
Operasi kelenjar getah bening
Operasi pencabutan pen
Operasi penggantian sendi lutut
Operasi timektomi

Related

Health 5755916034738791937

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item