PDIP Akan Dukung Prabowo Asal Jokowi Dicoret


Pengamat politik Refly Harun merasa Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan mengatakan partainya mendukung Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan syarat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berada di dalam koalisi.

Menurut Refly Harun, hal tersebut serupa dengan yang terjadi pada Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimana Megawati melarang Jokowi merekrut Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu masuk ke dalam pemerintahan, dan setelah hubungan keduanya renggang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono diangkat menjadi Menteri ATR/BPN.

"Karena itu ya tidak mungkin Megawati mau digabungkan dengan Jokowi oleh Prabowo di Presidential Club misalnya, sehingga apa yang akan Mega katakan, kami akan dukung Prabowo asal Jokowi dicoret, sederhana," ucapnya, dikutip dari YouTube Refly Harun, Rabu (29/5). 

"Itu kan sama dengan hubungan antara Megawati dan SBY, Jokowi tidak bisa merekrut SBY ke dalam pemerintahannya, karena Megawati melarang, tapi ketika hubungan Jokowi dengan Megawati renggang, masuk ya kan Demokrat, jadi itulah politik," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri buka suara terkait sikap politik partainya kepada wartawan yang meliput Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP.

Megawati menyinggung sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran dan harus melalui perhitungan yang matang, dengan nada bercanda kepada wartawan ia mengatakan akan memainkan dulu sebelum mengambil sikap merapat atau tidak di pemerintahan Prabowo Subianto.

"Kalau menit ini saya ngomong hehe kan harus dihitung secara politik loh. Enak aja, ini pasti wartawan yang ditunggu iki, sikap dari Rakernas," ujar Megawati dalam pidato politik penutupan Rakernas V, Ahad (26/5/2024).

"Rakernas akan menentukan sikap blabla, aku sambil sarapan. Aku bilang, enak aja, iya dong, gue mainin dulu dong," sambungnya disambut tawa oleh ribuan kader PDIP yang memenuhi Beach City International Stadium, Jakarta.

Related

News 3933804307745056149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item