Latihan Yoga untuk Ibu Hamil

 Latihan Yoga untuk Ibu Hamil

Naviri.Org - Rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal, sering kali muncul selama masa kehamilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan relaksasi dengan cara latihan pengaturan napas.

Cobalah ambil posisi yang dirasa paling nyaman—bisa sambil duduk atau berbaring—dan bersikaplah sesantai mungkin. Pejamkan mata Anda, relaksasikan otot-otot seluruh tubuh—mulai dari otot wajah, leher, punggung, pinggang, sampai otot kaki—dan bernapaslah melalui hidung, tarik lalu embuskan perlahan-lahan.

Ulangi hal tersebut selama 10 hingga 12 menit, atau sampai Anda merasa nyaman. Sambil melakukan hal di atas, tekanlah perut ke arah luar—seiring waktu menarik napas—dan tahan sampai hitungan keempat. Biarkan otot pundak dan leher Anda rileks. Setelah itu keluarkan napas dengan tenang dan perlahan.

Latihan di atas akan sangat baik bagi ibu hamil, karena selain mengatasi keluhan-keluhan rasa tegang, otot kaku dan pegal-pegal, Anda juga akan merasa lebih bugar, lebih sehat, sekaligus lebih kuat. Jika Anda ingin latihan yang lebih terfokus untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa melakukan yoga yang secara khusus ditujukan untuk ibu hamil. Caranya tidak sulit. Berikut ini penjelasannya.

Latihan 1

Duduklah dalam posisi bersila. Letakkanlah kedua tangan Anda di sisi badan, dengan siku lurus. Kemudian, angkatlah kedua tangan dari samping ke arah kepala, sambil menarik napas sampai jari-jari di kedua tangan bertemu. Setelah itu, turunkan tangan ke depan, sambil mengembuskan napas.

Latihan ini memberikan manfaat untuk melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, juga menenangkan perasaan, serta menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.

Latihan 2

Merangkaklah dengan kedua siku tangan yang lurus, pandangan ke depan, dan punggung rata. Tariklah napas, lalu lengkungkan punggung. Setelah itu embuskan napas, ambil mengembalikan punggung ke posisi semula.

Latihan ini bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.

Latihan 3

Ambil posisi berbaring, kedua kaki Anda menempel di dinding, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Tariklah napas, seiring mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Embuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki.

Latihan ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa rileks pada tubuh dan jiwa.

Baca juga: Mencegah Sakit Pinggang saat Hamil

Related

Pregnancy 4196060171759623262

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item