Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-10

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-10

Naviri.Org - Memasuki minggu kesepuluh, janin Anda kini memiliki berat sekitar 4 gram, dengan panjang sekitar 27-35 mm. Kelopak matanya mulai terbentuk, dan akan berlanjut sampai minggu ke-25 hingga minggu ke-27. Telinga luar dan bibir atas juga terus terbentuk, dan genitalia eksternal (alat kelamin luar) mulai memasuki tahap awal pengembangan.

Janin Anda juga mulai bergerak dalam rahim, meski terlalu lembut sehingga Anda belum memperhatikan. Seiring dengan itu, sebagian besar sendi juga mulai terbentuk, mulai siku, pergelangan tangan, lutut, bahu, dan pergelangan kaki serta tangan.

Otak, yang merupakan organ terpenting, akan membuat 25.000 neuron baru yang luar biasa, setiap menit pada minggu ini. Tulang-tulang janin Anda sudah mulai tumbuh dan mengeras. Telinganya mulai terbentuk, dan kelopak matanya tidak lagi transparan.

Tunas giginya juga mulai terbentuk, meskipun bayi Anda belum memperoleh gigi sampai enam atau tujuh (atau delapan hingga sepuluh) bulan setelah lahir. Matanya akan terbuka, hingga usia kehamilan 25-27 minggu. Jika calon bayi Anda laki-laki, tubuhnya mulai memproduksi hormon testosteron.

Pada minggu ke-10 ini, mual dan kelelahan kemungkinan besar masih Anda alami. Perut juga makin membesar, sementara pinggang makin tak kelihatan. Di luar hal-hal tersebut, Anda mungkin mengalami tensi emosi yang dapat berubah secara drastis dalam beberapa minggu ke depan, emosi Anda jadi sangat sensitif, dan Anda bisa merasa sedih atau tertekan tanpa sebab yang jelas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba olahraga ringan dan mengatur diet, atau menikmati hobi untuk menyalurkan emosi.

Kemudian, mulai minggu ini, volume darah Anda akan meningkat antara 40-50 persen selama kehamilan, hingga Anda mungkin mulai dapat lebih melihat pembuluh darah Anda, khususnya di perut, payudara, dan kaki.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-11

Related

Pregnancy 5090754280531489355
item