Pemijatan Payudara Sebelum dan Setelah Melahirkan

Pemijatan Payudara Sebelum dan Setelah Melahirkan

Naviri.Org - Perawatan payudara yang dilakukan selama hamil akan membantu persiapan untuk menyusui anak nantinya. Bagian putingnya harus digosok dan ditarik keluar perlahan-lahan selama kira-kira dua menit setiap hari, semenjak masa hamil muda. Apabila calon ibu menghendaki, obat gosok lanolin dapat diusapkan, terutama jika putingnya tergolong kering.

Kira-kira sejak minggu ke-32 (bulan kalender ke-8), payudara harus dipijit dengan meletakkan kedua telapak tangan terbuka lebar di sekeliling payudara, lalu menekannya ke arah puting. Maka akan terlihat ada cairan berwarna kuning yang keluar dari puting itu.

Tindakan pemijatan ini dimaksudkan untuk menjaga agar saluran-saluran pada payudara tetap terbuka.

Seusai melahirkan, biasanya bentuk payudara tidak lagi indah dan menarik atau menjadi kendur. Tentu saja bentuk yang sudah mulai mengendur akibat menyusui itu mengganggu rasa percaya diri sebagian wanita. Nah, bagaimana caranya agar bentuk payudara Anda tetap montok dan kencang?

Salah satu upaya untuk menjaga keindahan bentuk payudara adalah dengan cara pemijatan, atau dengan cara yang lainnya, semisal pemakaian bra yang sesuai, dan sebagainya. Selain itu, pemijatan ini bisa juga untuk mencegah gejala kaker payudara. Kalau Anda tertarik, berikut ini adalah langkah-langkah pemijatan payudara yang dapat Anda lakukan:

Olesilah kedua tangan Anda dengan baby oil. Ini diperlukan agar payudara lebih licin. Dengan tiga sampai empat ujung jari, lakukan pemijatan dari tepi payudara ke arah puting dengan gerakan melingkar dari satu tempat ke tempat di dekatnya.

Selanjutnya, dengan menggunakan seluruh telapak tangan, pemijatan dilakukan dari tepi payudara ke arah puting secara radier atau seperti arah jeruji sepeda. Pijatlah bagian tepi puting dengan ibu jari dan telunjuk. Gerakan ini berfungsi untuk mengosongkan kantong ASI.

Langkah terakhir, pijatlah dengan genggaman tangan dari tepi payudara ke arah puting untuk mengeluarkan ASI yang baru saja keluar setelah menyusui bayi Anda.

Setelah pemijatan, kembali bersihkan payudara Anda. Sebaiknya diseka dengan menggunakan air hangat.

Lakukan pemijatan ini, sehari dua kali sebelum dan sesudah mandi pagi dan sore.

Baca juga: Cara Mudah Memiliki Payudara yang Sehat dan Indah

Related

Female 5326715796299177351
item