Makanan-makanan Sehat yang Membantu Mencegah Perut Kembung

 Makanan-makanan Pencegah Kembung, naviri.org Naviri Magazine

Naviri.Org - Kembung terjadi ketika perut kita mengandung banyak gas. Di antara penyebab kembung, makanan adalah salah satunya. Makanan yang mengandung gula tinggi, misalnya, termasuk di antara makanan yang bisa membuat perut kembung.

Kristi King, juru bicara Academy of Nutrition and Diabetics, menyatakan, “Gula akan membuat bakteri dalam usus ikut mengonsumsi gula. Ketika dicerna, akan menghasilkan gas dalam jumlah tinggi.”

Jika ada makanan-makanan penyebab kembung, ada pula makanan-makanan yang bisa mencegah kembung. Jika Anda ingin menjauhi atau mengatasi perut kembung, beberapa makanan ini bisa dikonsumsi.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang kaya serat, sehingga baik untuk pencernaan. Serat juga membantu pergerakan usus lebih teratur. Namun, sayuran yang mengandung sulfur dan karbohidrat raffinose seperti kol, brokoli, dan kecambah, perlu dihindari karena justru bisa membuat kembung.

Produk dari gandum utuh

Selain buah dan sayuran, beras merah dan gandum juga memiliki kadar serat yang tinggi. Karenanya, makanan jenis ini juga bagus bagi pencernaan.

Pisang

Dalam hal mencegah kembung, pisang bisa diandalkan. Buah ini termasuk jenis makanan yang baik bagi pencernaan, karena tidak menimbulkan iritasi pada lambung.

Air

Banyak minum air kadang bisa membuat kembung. Namun, mengonsumsi air dalam jumlah cukup membantu memperlancar perjalanan makanan dalam organ pencernaan Anda.

Jahe

Rempah-rempah seperti jahe dan peppermint bisa digunakan untuk membantu memulihkan perut kembung. Air rebusannya bisa membuat perut terasa lebih nyaman.

Makanan yang mengandung probiotik

Makanan yang mengandung bakteri baik akan membantu sistem pencernaan Anda. Karenanya, mengonsumsi potongan buah yang dipadu dengan yoghurt bisa jadi pilihan saat perut terasa kembung.

Makanan dengan prebiotik

Makanan dengan prebiotik, semisal asparagus, bawang merah, kacang lentil, dan gandum, mengandung serat dan bakteri baik yang membantu memperbaiki saluran pencernaan.

Related

Health 7286495031385906118

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item